Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Wednesday, January 11, 2017

JALAN MENUJU SURGA

Allah menyatakan, surga adalah tempat tinggal yang diliputi kedamaan dan keselamatan (Dar al-salam). Sehubungan dengan itu, allah menyeru ,manusia untuk berlomba-lomba menuju ke dar al-salam.


Dia berfirman, “allah menyeru (manusia) ke dar al-salam (surga) dan menujuki orang yang dikehendaki nya kepada jalan yang lurus.” (QS yunus [10]:25). Jalan lurus yang dimaksud dalam ayat ini adalah jalan islam.

Dalam kaitan ini, allah memberikan petunjuk (hidayah) kepada orang yang di kehendaki nya melalui dua istrumen penting, yakni akal dan wahyu. Dengan begitu, orang yang beruntung mendapatkan keduanya  Sangat berpeluang meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Sejatinya hidayah aqliah diberikan allah kepada semua orang. Tetapi, supaya lebih optimal, hidayah aqliah harus di kembangkan lebih lanjut. Katakanlah dengan cara mengambil, menimba, dan menambah ilmu. Mengambil, menimba, dan menambah ilmu perlu di lakukan sepanjang hayat di kandung badan.

Rasulullah SAW mengingatkan, “sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dirham dan tidak juga dinar. Mereka hanya mewariskan ilmu. Barang siapa mengambil ilmu maka dia telah mengambil keuntungan yang sangat besar” (HR tirmidzi)

Islam di bagun diatas ilmu yang bisa menganlakna seseorang kepada allah. Dengan ilmu, seseorang akan lebih dekat kepada allah. Bila seseorang sungguh-sungguh dalam menambah ilmu, dia menempatkan yang dicita-citakannya. 

Mengambil, menimba dan menambah ilmu dalam islam adalah kewajiban. Hal tersebut diklasifikasikan menjadi dua: wajib ain dan wajib kifayah.

Pertama, wajib ain. Kewajiban ini sangat di tekankan kepada umat islam secara individual karena di akhirat setiap individu akan mempertanggung jawabkan amalnya masing-masing. Contohnya, ilmu yang merupakan alat untuk menjaga akidah wajib di miliki oleh setiap individu.

Kedua, wajib kifayah, kewajiban ini sangat di tekankan kepada umat muslim secara kolektif karena mereka membutuhkan kolektif dalam mepertahankan keberadaan dan kewajiban islam.

Sehingga, umat islam tidak akan di sepelekan dimarginalkan oleh orang-orang yang tidak meyukai islam. Contohnya, ilmu yang merupakan alat untuk mejaga kesetabilan ekonomi berlandaskan islam (ekonomi islam) wajib kembangkan oleh umat islam.
Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]