Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Saturday, April 2, 2016

TEORI MANAJEMEN DAN KERUNTUHAN EKONOMI KAPITALIS


Menurut para ahli ekonomi islam, ada kecendrungan manajemen di praktikkan sebagai alat kapitalisme untuk mengakumulasi keuntungan saja. Manusia semata-mata makhluk ekonomi yang hidup demi menghasilkan uang. System ekonomi kapitalis memuja persaingan bebas dengan pasar sempurna (perfect competition), di mana setiap individu bebas untuk bertindak dalam rangka meraih keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya. Hal ini tidak terlepas dari teori manajemen yang di terapkan oleh perusahaan yang mengukur kinerja keuangan sebagai tolak ukur yang utama.

Ekonomi kapitalis pertama kali dicetuskan oleh adam smith pada abad ke-17, yang memperkenalkan konsep HOMO ECONOMICUS dalam bukunya THE WEALTH OF NATION. Di dalam buku itu disebutkan bahwa setiap individu dalam sebuah masyarakat kapitalistik akan termotivasi oleh kekuatan-kekuatan ekonomi sehingga memunculkan tindakannya secara bebas.

Teori manajemen yang ada telah memenjarakan bisnis dalam mentalitas jangka pendek dan memaksimalkan laba. Keberhasilan bisnisnya hanya ditandai dengan apakah ia bisa menjadi mesin pengeruk uang atau pencetak uang. Moralitas dan etika dalam bisnis menjadi tidak relevan. Dampaknya, semakin langka bisnis yang bisa mempertahankan kelanjutan usahanya.

Ini menunjukkan bahwa perusahaan yang hanya berorntasi pada profit tidak dapat bertahan lama. Awal kejatuhan system ekonomi kapitalis di mulai dari skandal manipulasi laporan keuangan yang mengguncang perusahaan-perusahaan raksasa dunia seperti worlcom, enron, merck, dan Xerox telah membuktikan fenomena itu. Tidak cukup sampai di situ, krisis demi krisis terus berlanjut di berbagai negara yang menganut system ekonomi kapitalis. Hingga muncul krisis terbesar sepanjang sejarah dunia, yaitu krisis ekonomi global tahun 2008 di amerika serikat, yang terkenal dengan THE GLOBAL FINANCIAL MELTDOWN, di awali dengan kasus subprime mortgage yang mungkin akan di kenang oleh masyarakat dunia sejarah terburuk krisis ekonomi global setelah THE GREAT DEPRSION, tahun 1930-an. Krisis ekonomi tahun 2008 yang terjadi di AS boleh dibilang sebagai salah satu krisis ekonomi terdasyat dalam sekala dan magnitudnya, merontokkan perbankan dan lembaga keuangan elit dunia yang selama ini di pandang sebagai institusi yang aman dan tidak tersentuh krisis. Hal ini yang mengubah stetus AS dari negara pemberi hutang menjadi negara penghutang terbesar dan pengekspor krisis di dunia, hal ini bisa kita sebut berakhirnya sistim ekonomi kapitalis.

Ideologi yang menerapkan bahwa mendapatkan untung sebesar-besarnya degan pengorbanan yang sekecil-kecinya, ideologi ini lah yang sesungguhnya menjadi akar kehancuran system ekonomi kapitalisme dalam konteks krisis global saat ini.

Menurut para ahli ekonomi, keruntuhan ekonomi kapitalis di sebabkan dua hal:
  • 1.       System ekonomi yang memang tidak berpihak kepada masyarakat banyak tapi hanya menguntungkan segelintir orang sebagai pemilik modal/capital.
  • 2.       Teori manajemen yang ada saat ini termasuk manajemen stratgis sekalipun hanya berorentasi pada tujuan meraih profit dan materi yang bersifat duniawi dengan mengabaikan nilai-nilai spiritual yang bersifat immaterial dan ukhrawi.





Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]