
Organisasi adalah wadah dari
semua peran dalam lini kehidupan dunia institusi, semua perencanaan,
penggolongan jabatan dan pembagian pekerjaan ada di dalam organisasi,
pengorganisasian merupakan salah satu fungsi dasar dalam manajemen untuk
mencapai sasaran yang di tetapkan oleh organisasi, hal ini berkaitan dengan
pengaturan kegiatan, orang dan sumberdaya lainnya, pengorganisasian membutuhkan
penyusunan struktur yang memperjelas fungsi-fungsi setiap bagian dan sifat
hubungan antara bagian-bagian tersebut.
Dalam hal ini struktur organisasi
adalah system tugas, alur kerja , hubungan pelaporan dan saluran komunikasi
yang di kaitkan secara bersama dalam pekerjaan individual maupun kelompok. Struktur
ini biasanya di gambarkan dalam bentuk bagan struktur, yaitu suatu diagram yang
menggambarkan pengaturan posisi pekerjaan dalam organisasi yang di antaranya
juga termasuk garis komunikasi dan wewenangnya.
Bentuk-bentuk struktur organisasi:
1.
Struktur organisasi
fungsional
Struktur Organisasi Fungsional (Functional Structure Organization)
merupakan Struktur Organisasi yang paling umum digunakan oleh suatu organisasi.
Pembagian kerja dalam bentuk Struktur Organisasi Fungsional ini dilakukan
berdasarkan fungsi manajemennya seperti Keuangan, Produksi, Pemasaran dan
Sumber daya Manusia. Karyawan-karyawan yang memiliki keterampilan (skill) dan tugas
yang sama akan dikelompokan bersama kedalam satu unit kerja. Struktur
Organisasi ini tepat untuk diterapkan pada Organisasi atau Perusahaan yang
hanya menghasilkan beberapa jenis produk maupun layanan. Struktur organisasi
bentuk ini dapat menekan biaya operasional namun mengalami kesulitan dalam
berkomunikasi antar unit kerja.
1. Struktur organisasi devisional
Struktur Organisasi Divisional (Divisional Structure Organization)
adalah Struktur Organisasi yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan produk,
layanan, pasar dan letak geografis. Organisasi bentuk Divisional ini biasanya
diterapkan di perusahaan yang berskala menengah keatas,hal ini dikarenakan
biaya operasional akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bentuk Organisasi
Fungsional.
1. Struktur organisasi matriks
Struktur Organisasi Matriks (Matrix Structure Organization) merupakan
kombinasi dari Struktur Organisasi Fungsional dan Struktur Organisasi
Divisional dengan tujuan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat
pada kedua bentuk Struktur Orgnisasi tersebut. Struktur Organisasi Matriks ini
sering juga disebut dengan Struktur Organisasi Proyek karena karyawan yang
berada di unit kerja fungsional juga harus mengerjakan kegiatan atau tugas
proyek-proyek organisasi yang ditugaskan kepadanya. Struktur Organisasi Matriks
ini mengakibatkan terjadinya multi komando dimana seorang karyawan diharuskan
untuk melapor kepada dua pimpinan yaitu pimpinan di unit kerja Fungsional dan
pimpinan proyek. Struktur Organisasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan
yang berskala besar atau perusahaan-perusahaan multinasional.
0 komentar:
Post a Comment