Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Monday, August 29, 2016

Menghindari kesalahan mendidik anak

Orang tua adalah teladan bagi anak-anaknya. Tapi itu buka pekerjaan mudah. Hindari kesalahan-kesalahan dasar dalam mendidik anak.

Mendidik anak bukanlah pekerjaan mudah. Siapapun pasti sepakat. Hal ini setidaknyaterbukti dengan banyaknya kasus di sekitar kita di mana orangtua merasa gagal dalam mendidik anaknya. Di sisi lain, banyak anak yang juga merasa kalau orangtuanya gagal dalam mendidiknya.

Dalam hal ini, orangtua sering kali tidak menyadari kalau mereka telah melakukan sebuah atau beberapa kesalahan. Biasanya kesalahn ini muncul dari hal-hal yang di anggap sepele oleh orangtua. Sebagai contoh, anak merasa dirinya kurang di perhatikan dan diawasi oleh orangtua.

Professor Robert Billingham dari Human Development And Family Studies, Universitas Indiana, mengingatkan bahwa anak yang merasa tidak diperhatikan biasanya akan bersikap semaunya. Untuk itu , para orang tua senyogianya lebih memperhatikan anak dan lingkungannya secara propersional.
Orangtua juga jangan menghukum anak secara langsung ketika berbuat salah, sebab itu menyebabkan anak menjadi penakut. Orangtua juga jangan takut melihat anaknya berbuat salah, sebab dari situlah dia mengambil pengalaman.

Menurut psikolog Charles Fay Phd, kesalahan lain orangtua dalam mendidik anak, adalah mengabaikan apa yang disampaikan anak, meskipun hal yang mungkin kita anggap kecil, sepele dan tidak penting. Sebagian contohnya, ketika anak kita mendapat nilai bagus di sekolah, kita malah menanggapinya dingin atau bahkan cuek.

Kesalahan lain orangtua, menurut syeikh Muhammad bin Ibrahim al-hamd, biasanya adalah memenuhi permintaan anak tanpa memikirkan baik buruknya bagi si anak. Permintaan anak tidak semuanya harus dituruti, dan sebaliknya juga tidak boleh terlalu pelit kepada anak.

Perhatikan apa yang menjadi permintaan anak, apakah bermanfaat dan sesuai dengan umur si anak atau tidak. Jangan sampai anak tumbuh menjadi anak yang tidak peduli pada susahnya orangtua mencari nafkah untuk keluarga.

Di sisi lain, jangan sampai pula anak merasa dirinya tidak tercukupi. Karena itu juga akan mendorong anak untuk mencari uang sendiri. Dikhawatirkan anak akan melakukan cara apapun untuk mendapatkan uang itu. Misalnya dengan cara mencuri.

Kesalahan lain yang umum dilakukan orangtua, atas nama disiplin, kasihsayang dan keselamatan, adalah terlalu kaku dank eras dalam menghadapi anak-anaknya, hingga harus melakukan konflik fisik, membantah, atau mencaci.

Ingat, dengan kekerasan anak bisa menjadi liar dan tidak ada rasa kasih sayang. Dekati secara halus dan penuh kasih sayang. Anak tidak cukup hanya di beri materi. Ia juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Apabila tidak mendapat dari orangtua, ia akan mencari dari orang lain.
Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]