Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Saturday, January 28, 2017

PERAN CHIEF FINANCIAL OFFICER (CFO) DALAM PERUSAHAAN

Tidak salah bila dikatakan jabatan chief financial officer (CFO) merupakan batu loncatan untuk menjadi CEO. Karena peran besar yang di mainkan para CFO bersama para CEO menegndalikan bisnis perusahaan. CFO lah dirigen yang mengatur ritme cepat atau lambatnya laju bisnis melalui pengaturan keran keuangan perusahaan. Fakta menunjukkan bahawa cukup banyak CFO yang akhirnya menjadi CEO jempolan. Sebut saja, emirsyah satar (pernah menjadi CFO lalu menjadi CEO garuda Indonesia), rinaldi firmansyah (pernah menjadi CFO kemudian CEO Telkom), orias petrus moedak (dari CFO palindo II kini CEO palindo III) dan masih banyak lagi.

Meskipun memiliki peran besar dalam pengelolaan perusahaan, sesuai dengan karakter orang di bagian keuangan pada umumnya, CFO lebih senang bekerja di belakang layar. Ini sangat berbeda, misalnya, dengan direktur pemasaran yang karena tugas dan tanggung jawabnya harus sering tampil di hadapan public membawa citra perusahaan. Dalam hal ini CFO menjadi sebuah bayangan bagi perusahaan, karena tata kelola yang paling rentan dalam perusahaan ada di dalam system keuangan, banyak perusahaan yang bangkrut di karena system keuangan yang berantakan, paka peran CFO sanagat berarti, menjadi seorang CFO tidak lah mudah, butuh ketrampilan yang luar biasa dalam mengelola keuanga, butuk ketelitian dalam perhitungan, butuh kebijakan yang ekstra dalam pengambilan keputusan pendanaan. maka tidak heran jika seorang CFO adalah panglima dari suatu perusahaan.

Seorang CFO tidak akan berpikir bagaimana barang terjual, bagai mana cara membuat produk dan bagaimana tentang pabrik, seorang CFO hanya akan berfikir berapa banayak uang yang keluar, bagaimana jika tidak ada keuntungan, merencanakan cadangan dana, dan bagaimana memperluas keuntungan dari para pemegang saham. Tapi jika fikirkan, kenapa seorang CFO tidak mengurusi tentang penjualan produk?, karena hal itu sudah di tangani oleh chief marketing Officer (CMO), lalu kenapa tidak tidak mengurusi tentang pembuatan produk? Karena semua yang berkaitan dengan produksi sudah di urus oleh direktur produksi. Lalu jika setiap devisi sudah ada yang mengurus, apakah seorang CFO tidak boleh bertindak? Tentunya boleh, karena seorang CFO tidak hanya berdiam diri jika perusahaan nya bangkrut karena produksi tidak laku, seorang CFO tidak akan tinggal diam jika kinerja pagawainya tidak berkualitas, karena itu semua akan berpengaruh pada keuntungan perusahaan maka CFO akan bertindak tegas terhadap semua kerugian yang telah terjadi, uang bukan segalanya, tapi tampa uang apakah kita bisa makan, jika tidak makan bagaimana akan berdiri tegak, begitulah juga perusahaan, jika tidak ada permodalan maka perusahaan tidak akan terbentu, jika tidak ada dana maka perusahaan tidak akan berdiri.

Ini bukan konsep kapitalis, ini adalah konsep manusiawi, rasionalitas, bahkan di dalam islam kitapun di anjurkan untuk kaya, tentunya kaya dalam hal positif, bahkan rosulullah juga orang kaya, para sahabat juga kaya, mereka kaya agar bisa membantu orang, menolong yang lemah dan menggunakan seluruh kekayaan untuk penyebaran agama islam. Maka jangan salah menilai bahwa sebuah uang itu sangat berarti. Uang bukan segalanya tapi manusia tampa uang tidak akan bisa hidup. 
Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]