Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Friday, February 24, 2017

PERKEMBANGAN WISATA HALAL INDONESIA

Wisata halal kini menjadi primadona di Negara-negara organisasi kerja sama islam (OKI). “OKI membentuk working group dalam rangka mengembangkan wisata halal di Negara-negara anggota OKI,” kata ketua perecepatan pengembangan pariwisata halal, kementrian pariwisata riyanto sofyan.

Riyanto menambahkan, kebutuhan  wisatawan muslim itu ada tiga hal. Yakni, makanan dengan jaminan halal, kemudahan bersuci dengan air  dan kemudahan beribadah. “semua fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan harus kondusif dengan halal life style. Itenary nya harus jelas, kunjungan dari tempat ke tempat lain (termasuk pantai), restoran, tempat ibadah dan lain-lain harus muslim friendly,” tuturnya.

Hal senada di ungkapkan wakil sekjen himpuh anton subekti. Menurutnya, setidaknya ada 3 kebutuhan pokok seorang muslim yang sedang safar termasuk berwisata ke negri orang. “karena sebagai seorang muslim, kemanapunia pergi, selalu melekat kewajiban nya untuk beribadah.” Ujar anton         

Pertama, kata anton, kebutuhan akan makanan halal (halal food). kedua, ketersediaan waktu dan tempat melakukan kewajiban lima waktu sholat yang memenuhi syarat syariat. Ketiga, tempat perjalanan, suasana atau sarana apapun yang kontennya selalu mengingatkan untuk ingat kapada allah SWT dalam membimbingnya untuk menjalankan amal-amal safar, kata anton yang juga direktur albilad travel. Gubernur NTB zainul majdi mengatakan, di NTB akan di bangun dua proyek infrastruktur berkonsep syariah. Yakni, mandalika resort dan kota baru global hub Bandar kayangan di kabupaten Lombok utara, NTB.

Menurutnya, NTB memang sangat berpotensi untuk melakukan pembangunan dengan konsep syariah. Dalam beberapa tahun terakhir ini, kata gubernur, perkembangan wisata syariah NTB telah mendunia, bahkan bahkan berhasil menyabet World’s Best Halal Tourism Destination dalam ajang bergengsi World Halal Travel Award 2015 di uni Emirat arab (UEA).

Menurut kepala dinas kebudayaan dan pariwisata NTB Lalu Moh Faozal, berbagai festival gencar di lakukan dalam upaya pemerintah membangaun branding Lombok sebagai destinasi wisata halal. Faozal mengungkapkan, pemerintah daerah nusa tenggara barat (NTB) berencana akan mengembangkan wisata pantai khusus dengan konsep halal beach. Di pantai ini wisatawan laki-laki dan perempuan akan di pisah. “halal beach kita sekarang sedang di desain bentuknya, mudah-mudahan tahun ini sudah kita mulai pembangunan awalnya,” kata faozal usai menghadiri seminar Wisata halal dunia, di mataram.

Faozal menjelaskan, rencananya ada dua kawasan pantai di pulau Lombok yang akan di kembangkan menjadi konsep pantai halal. Yakni, kawasan meninting, Lombok barat dan kawasan mandalika, Lombok tengah.

Faozal menegaskan, lokasi pantai halal ini nantinya akan ada pembatas permanan yang memisahkan antara wisatawan laki-laki dan wisatawan perempuan. Selain itu, makanan yang di sediakan di lokasi tersebut adalah makanan yang halal. “fasilitas awal, akan ada pemisah (pembatas) yang permanen,” kata Faozal.

Faozal menambahkan selain pantai halal, tahun ini pihaknya juga tengah mempersiapkan muharam Festival yang akan di selenggarakan di Lombok timur dan Festival kuliner halal di Islamic center, kota mataram.

Indonesia memiliki banyak sekali potensi untuk pengembangan wisata halal. Salah satunya adalah Lombok. Menurut riyanto, Lombok sangat cocok untuk wisatawan asal timur tengah; “karena itu, pengembangan pariwisata syariah di Lombok, termasuk pengembangan pantai halal, sangat tepat,” kata riyanto sofyan

Sumber: KORAN REPUBLIKA                    
Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]