Menteri
perdangang RI Thomas Lembong mengunjungi markas alibaba group di hengzho, cina.
Ia kesana bukan hanya sekedar mencari angin atau jalan-jalan.
Thomas datang
langsung ke sana untuk meresmikan kanal khusus jual beli produk-produk
Indonesia (inamall) di lama jual beli daring milik alibaba group, Tmall Global.
Thomas dalam pertemuan itu menyampaikan, peluncuran inamall di Tmall Global
merupakan langkah awal komitmen pemerintah Indonesia untuk mempromosikan
perdangan digital antara perusahaan cina dan Indonesia.
“saya percaya
akan menjadi semakin penting untuk memfasilitasi perdagangan antara kedua
Negara di masa depan,” ungkap Thomas dalam siaran resminya kepda media.
Sementara,
ketua kamar dagang Indonesia di cina (INACHAM), liky sutikno, mengaku senang
dapat menyaksikan kolaborasi dan kerja sama antara pemerintah Indonesia dan
sector privat, khususnya beberapa perusahaan ternama di Indonesia, eksportir
dan assosiasi perdagangan melalui hadirnya toko daring khusus Indonesia di
Tmall Global yang dinamakan inamall.
Hadirnya inamall
diharapkan menjadi pintu masuk bagi produk ternama dan berkualitas Indonesia ke
konsumen di cina dengan lebih mudah.
“saya yakin,
setelah konsumen di cina mengetahui, mencoba, dan merasakan produk Indonesia yang
berkualitas tinggi, mereka akan menyukai dan memiliki koneksi emosional
tersendiri terhadap Indonesia”, kata sutikno.
Managing director
global Alibaba Group, K Guru Gowrappan, mengungkapkan, salah satu tujuan
alibaba adalah untuk melayani dua miliar konsumen dan puluhan juta penjual
secara global. Indonesia, dengan basis konsumen yang besar dan menarik serta
basis UKM yang kuat, memainkan peran penting dan khusus dalam strategi
globalisasi Alibaba. Salah satu strategi Alibaba bagi Indonesia adalah membantu
membangun ekosistem yang berkelanjutan untuk kanal jual beli daring dengan focus
pada pertumbuhan bisnis local.
“kerja sama
kami dengan inamall menandai langkah yang sangat penting kea rah itu. Kami sangat
berterimaksih atas dukungan yang pemerintah Indonesia telah memungkinkan kerja
sama ini terlaksana,” kata Gowrappan.
Tmall Global,
kata General Manager Tmall Global Alvin Liu, bangga menyambut kehadiran inamall
pada laman mereka. Inamall menghadirkan ragam pilihan produk khas Indonesia yang
telah lama di kenal dengan keunikan dan kualitas nya oleh konsumen di seluruh
dunia. Untuk para penjual yang tidak memiliki kantor oprasional di cina tetapi
memiliki keinginan untuk memperkenlakan produknya kepada konsumen kelas
menengah di cina, Tmall Global adalah pilihan yang tepat. “laman ini di kenal
dengan kualitas produk inpornya dan dapat di percaya,” ujar Liu.
Kerjasama ini
merefleksikan strategi globalisasi jangka panjang Alibaba untuk memperkenalkan
merek dan peritel dari seluruh dunia kepada 450 juta penggunanya dan
menghadirkan produk asli dank has dari berbagai Negara. Asia tenggara, di
pimpin oleh Indonesia dan Negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Singapore, Vietnam,
dan Filipina, memiliki peran yang sangat penting terhadap rencana pertumbuhan
Alibaba Group, dengan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur perdagangan
secara global dengan investasi pada logistic, cloud computing, metode
pembayaran, dan inovasi pemasran.
Alibaba Group
sebelumnya juga mengumumkan perjanjian untuk mengakuisisi saham pengendali di
lazada, laman jual beli daring terdepan di asia tenggara, untuk menghubungkan
560 juta konsumen nya kepada pilihan produk terbanyak dan unik dengan
memanfaatkan kecakapan dan pengalaman Alibaba Group, sementara, UCweb merupakan
penyedia jasa dan layanan teknologi mobile internet di bawah Alibaba Group,
mengoprasikan UC Browser, mobile internet browser nomor satu di Indonesia dan
india juga tiga besar di seluruh dunia.
Dengan demikian
gerbang produk Indonesia sudah terbuka lebar, lalu tinggal bagaimana kita
meningkatkan kualitas produk Indonesia, jika mau berkembang harus berjuang jika
ingin berhasil harus terus berkreasi, untuk Indonesia yang lebih baik.
0 komentar:
Post a Comment