Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Thursday, February 16, 2017

PERAN SISTEM MONETER INTERNASIONAL TERHADAP BISNIS INTERNASIONAL

Pada kali ini kita akan membahas tentang system moneter internasional dan bagai mana perannya di bisnis internasional, tapi sebelum itu mari kita cari tau komponen-kompoenen yang ada di system moneter internasional. Mari kita bahas :

    •          Valas atau Forex (foreign Currency), banyak yang menyebutnya mata uang asing atau alat pembayaran lainnya yang biasa di gunakan untuk melakukan atau membiayai transaksi ekonomi keuangan internasional dan mempunyai catatan resmi pada bank sentral.
    •          Hard Currency, bisa kita sebut sebagai mata uang yang sering di gunakan sebagai alat pembayaran dan kesatuan hitung dalam   transksi ekonomi dan keuangan internasiuonal serta mempunyai nilai yang relative stabil dn kadan-kadang mengalami appresiasi
    •          Soft Currency terkadang kita menyebutnya mata uang lemah yang jarang di gunakan sebagai alat pembayaran dan satuan hitung, mata uang lemah karena nilainya relative tidak stabil dan sering mengalami depresiasi.


    Dalam system penukaran mata uang, kita akan menegnal beberapa system yang dapat kita gunakan dalam nilai tukar, ini lah system yang banyak di gunakan di negra-negara yang melaksanakan transaksi internasional:

    1.      System nilai tukar mengambang bebas
    Kurs mengambang bebas merupakan suatu system ekonomi yang di tunjukkan bagi suatu Negara yang system perekonomian nya sudah mapan, system nilai tukar ini akan menyerahkan seluruh nya kepada pasar untuk mencapai kondisi equilibrium yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal. Jadi dalam system nilai tukar ini hampir tidak ada campur tangan pemerintah.

    2.      System kurs tetap
    Kurs tetap merupakan system nilai tukar di mana pemegang otoritas moneter tertinggi suatu Negara ( central bank) menetapkan nilai tukar dalam negeri terhadap Negara lain yang ditetapkan pada tingkat tertentu tanpa melihat aktivitas penawaran dan permintaan di pasar uang. Jika dalam perjalanannya penetapan kurs tetap mengalami masalah, misalnya terjadi flutuasi penawaran maupun permintaan yang cukup tinggi maka pemerintah bisa mengendalikannya dengan membeli atau menjual kurs mata uang yang berada dalam devisa Negara untuk menjaga agar nilai tukar stabil dan kembali ke kurs tetapnya. Dalam kurs tetap ini, bank sentral melakukan intervensi aktif di pasar valas dalam penetapan nilai tukar.

    3.      System kurs mengambang terkendali
    Penetapan kurs ini tidak sepenuhnya terjadi dari aktivitas pasar valuta, dalam pasar ini masih ada campur tangan pemerintah melalui alat ekonomi alat ekonomi moneter dan fiscal yang ada. Jadi dalam pasar valuta ini tidak murni berasal dari penawaran dan permintaan.

    Setelah kita mengetahui bagaimana kurs mata uang terbentuk dan system-sistem yang mengendalikannya, sekarang mari kita bahas tetantang system moneter internasional.
    System moneter internasional merupakan seperangkat kebijakan, institusi, praktik, peraturan dan mekanisme yang menentukan tingkat di mana suatu mata uang di tukarkan dengan mata uang lain. SMI sering di ibaratkan jaringan lampu lalu lintas, di mana setiap pelaku menganggapnya tidak ada masalah kecuali lampu tersebut rusak atau mati

    Dalam sejarahnya system moneter internasional melalui bebrapa proses dan tahap, jauh sebelum dolar sebagai standar mata uang dunia.

    1.      System standar emas (1821-1914)
    Pada 22 desember 1717 sir Isaac newton pemilik percetakan uang logam inggris, menetapkan bahwa harga emas per ons standar dengan 3 pounds, 17 shilling, 10,5 pence. Pada masa ini Negara-negara sepakat untuk membeli atau menjual emas dengan satuan mata uang yang telah di tetapkan. Pada masa ini system kurs mata uang sanga t setabil karena pemerintah tidak dapat mencetak uang tanpa didukung emas. Karena itu pemerintah tidak akan bisa melakukan kecurangan, ini lah disiplin yang sangat efektif agar tidak terjadi inflasi.

    2.      System Bretton woods (1946-1968)
    System ini lahir dari pertemuan 44 negara di Bretton woods, new Hampshire, pada juli 1944. Pertemuan ini menghasilkan lembaga yang berfokus pada system moneter yaitu IMF dan IBRD/world bank, yang keduanya mempeunyai tanggung jawab yang berbeda. Dalam system ini seluruh Negara menentukan nilai mata uangnya dengan standar dolar sedangkan dolar sendiri menyesuaikan dengan emas, maka di masa ini standar mata uang adalah dolar dan emas.

    3.      Regim kurs tukar fleksibel (1973-sekarang)
    Sejak runtuhnya system Bretton woods, pada januari 1976 anggota IMF bertemu di jamaika untuk menyetujui peraturan SMI yang baru. Yaitu
    a.       Kurs fleksibel dideklarasikan
    b.      Emas secara resmi di bebaskan sebagai asset cadangan internasional
    c.       IMf memberikan akses yang lebih besar terhadap Negara-negara nonpengekspor minyak dan Negara kurang berkembang.

    IMF menyedikan bantuan kepada Negara-negara yang mengalami kesulitan dalam neraca pembayaran dan kurs tukar, ini lah awal mula banyak Negara yang mempunyai hutang yang bayak terhadap IMF, kondisi nilai tukar dolar terhadap 21 negara industry mengalami penurunan, meningkat dan memuncak.

    Pada September 1985, Negara-negara yang tergabung dalam G-5 (prancis, jepang, jerman, ingris, dan AS) bertemu di hotel plaza, New York. Mereka membehas tentang pendepresiasikan US$ terhadap uang paling utama untuk memecahkan masalah deficit perdagangan AS, hasil dari pertemuan ini di sebut Louvre accord, yang isinya:
    a.       Negra-negara G-5 akan bekerja sama untuk mencapai stabilitas kurs tukar yang lebih besar
    b.      Negara-negara G-5 menyetyjui untuk berkonsultasi dan berkoordinasi lebih erat atas kebijakan makro-ekonomi

    Dengan Louvre Accord menadai  lahirnya system mengambang terkendali, negara2 G-5 akan bekerja sama mengintervensi dalam pasar valas untuk mengoreksi over atau under valuation atas mata uang.

    Sudah kita ketahui system moneter internasional sangat rentan, semua di kendalikan oleh beberapa Negara yang berkuasa, jika muncul pertanyaan mengapa di kendalikan oleh bebrpa Negara berkuasa?, kenapa kita tidak menetukan mata uang kita sendiri? Kenapa yang menjadi setandar adalah dolar? Mengapa ada Negara-negara yang tidak memakai dolar?

    Mari kita jawab satu persatu
    1.      mengapa di kendalikan oleh bebrpa Negara berkuasa?
    Sejar berakhirnya perang dunia ke 2, banyak Negara-negara yang bangkrut, kecuali beberapa negar yang masih bertahan dan masih kuat dalam segi moneter, ini lah cikal bakal yang menjadi 5 negara yang sangat berpengaruh terhadap system perekonomian sekarang, bahkan sekarang tidak hanya 5 tapi sudah menjadi 8, yaitu gabungan Negara termaju di dunia. Mereka menguasai perekonomian di berbagai negar, pemilik modal paling banyak di system keuangan dunia, sehingga Negara manapun harus tunduk jika ingin perekonomiannya tetap setabil.

    2.      Kenapa kita tidak menentukan mata uang sendiri?
    Sebenarnya sah saja jika kita ingin menentuka mata uang kita sendiri, tapi pakah kita siang menghadapi perdagangan internasional, yang seluruhnya memkai dolar, jika diumpamakan jika kita berjualan di pasar, standar pembelian yang di tentukan adalah uang, sedangkan kita menentukan setandar pembelian kita dalah beras atau sesuatu selain uang, mungkin tetap ada yang beli tapi mungkin hanya bebrapa saja, bahkan mungkin juga tidak akan laku, itu lah jika kita menetuka standar kita sendiri tampa memperdulikan standar yang berlaku.

    3.      Mengapa ada Negara-negara yang tidak memakai dolar?
    Memang benar ada Negara-negara yang tidak memkai dolar sebagai standar mereka, tapi perlu di ingat, mereka bisa karena perekonomian mereka di atas amerika dan pastinya mata uang mereka lebih tinggi dari pada dolar,mereka punya pilar dalam kemajuan negaranya, ingris contohnya, inggris adalah salah satu Negara yang tidak memakai dolar sebagai standar, dan masih adalagi Negara-negara yang tergolong dalam G-8, yang mereka adalah Negara yang paling berkuasa dalam kesimbangan kurs mata uang dunia.

    Share:
    "MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

    0 komentar:

    Post a Comment

    Ads baner

    Popular Posts

    Powered by Blogger.
    ["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]