Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Friday, April 1, 2016

BANYAKNYA PERMASALAHAN DIDALAM MANAJEMEN MODERN


       Banyak perusahaan yang di dukung bermacam teori manajemen konvensional maupun manajemen strategi di era modern seperti saat ini. Nyatanya, masih saja perusahaan-perusahaan itu mengalami berbagai masalah pelik baik internal maupun eksternal. Mereka mengelurkan biaya besar untuk menerapkan berbagai model menajemen modern, namun tetap terasa ada yang kurang memuaskan.



Hingga kini dalam banyak penelitian dan kasus, dapat di simpulkan bahwa teori manajemen modern masih gagal dalam mengatur prilaku individu menuju organisasi yang lebih baik. Hal ini dapat di lihat dari berbagai indicator dan masalah yang muncul dari implementasi manajemen modern (termasuk manajemen strategi), antara lain


  • 1   Banyak perusahaan yang cendrung mengabaikan nilai-nilai moral dan etika, menghalalkan segala cara demi untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan melakukan penindasan terhadap yang lemah.
  • 2  Banyak pelaku usaha masih berani melakukan berbagai penyimpangan, manipulasi, suap, korupsi, nepotisme, markup, memperkaya diri sendiri, mengabaikan tanggung jawab sosial, dan sebagainya.
  •  Banyak perusahaan atau pelaku usaha yang saling bersaing, saling menjatuhkan, saling menghancurkan pesaing laksana musuh yang harus di habisi, agar perusahaannya sajalah yang keluar sebagai pemenang.
  • 4   Dengan penerapan manajemen strategi pun banyak perusahaan yang berhasil dan sukses secara materi, tetapi masih menghadapi kendala penyimpangan, keserakahan, persaingan yang tidak sehat dan kecendrungan menguasai dan mematikan pesaing.


Strategi persaingan tersebut justru di ajarkan dan di pelajari dalam ilmu manajemen pemasaran (marketing management), bahkan strategi perang dalam militer yang di kenal dengan teori SUN TZU merupakan bagian dari pelajaran pemasaran strategi (strategic marketing). Perusahaan di ajarkan untuk menang dengan cara membunuh lawan, bahkan terkadang dengan menghalalkan segala cara untuk memenangkan persaingan.

Teori manajemen strategi yang telah dikenbangkan oleh para ahli manajemen saat ini, walaupun di anggap lebih modern dan lebih sempurna dari teori konvensional, namun masih belum dapat menyelesaikan masalah dan problematika dalam dunia bisnis, terbukti dengan masih banyak terjadi berbagai penyimpangan tidak sehat, pelanggaran nilai-nilai moral dan etika bisnis
Mengapa demikian ? penyebab utamanya adalah terabaikannya nilai-nilai spiritual dalam teori manajemen itu sendiri.

Ada beberapa karakter manajemen strategi yang berbeda secara diametral antara organisasi perusahaan pada umumnya dengan organisasi perusahaan yang berorentasi spiritual. Pada umumnya, organisasi perusahaan berorentasi pada nilai-nilai material (sekularisme) dan visinya duniawi semata. Sedangkan organisasi perusahaan yang berbasis spiritual lebih berasaskan ketuhanan (tauhid), orentasinya dunia samapi akhirat, dengan motivasi bisnis yang selain profit duniawi juga benefit ukhrawi serta bonus berupa keberkahan dan ridho allah (mardhotillah).  


REVRENSI:
buku manajemen strategi syariah (teori, konsep, dan aplikasi). -Dr. Ir. H. Abdul Halim Usman, MM. -penerbit ZIKRUL HAKIM




Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]