Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Friday, January 13, 2017

KEAMANAN DATA YANG MAKIN RENTAN

Ada banyak peristiwa yang membuktikan betapa data pribadi di dunia maya kini semakin mudah menjadi sasaran peretas.

Masih segar ingatan kita menegnai jebolnya system pertahanan keamanan data milik yahoo beberapa bulan lalu. Saat itu yahoo terpaksa membuat para penggunanya kerepotan mengamankan akun surat elotronik milik mereka.

Belum juga hilang memori tentang peristiwa tersebut, beberapa hari yang lalu yahoo kembali kebobolan. Kali ini, ada satu miliar lebih akun pengguna yahoo yang telah jatuh ke tanggan pihak tak bertanggung jawab.

Hal tersebut pasti menimbulakn tanda Tanya  bagi para penghuni dunia maya. Seberapa jauh data pribadi mereka bisa aman tersimpan.?

Laman wired.com mengungkapkan, saat ini keamanan data pribadi netizen  memang kian melemah. Bukan hanya peristiwa yahoo yang menjadi contoh lemahnya keamanan data. Beberapa peristiwa lain juga patut menjadi gambaran betapa canggihnya pera pelaku kejahatan siber masa kini. Salah satunya, peristiwa peratasan mesin hitung saat pemilu presiden amerika serikat (AS) bulan lalu.

US Election Assistence Communission mengatakan, mesin hitung elektronik telah berhasil di susupi peretas. Bahkan, 100 akun login nya telah diperjualbelikandi pasar gelap.
Pada sector jasa transportasi daring, uber juga pernah mengalami peretasan data secara illegal. Beberpa laporan menyebutkan, pegawai uber bisa melihat riwayat perjalanan para pelanggan, termasuk data pribadi milik pengguna.

Hal tersebut tentu meresahkan para pengguna jasanya. Sebab, sejarah perjalanan bisa di pantau, termasuk dengan data pribadi. Pada hal, sehartusnya daftar riwayat perjalanan pelanggan merupakan kerahasiaan data yang harus di jaga perusahaan.


Pentingnya regulasi
Peristiwa yang di alami yahoo membuat Kaspersky lab angkat bicara. Menurut principal security researcher Kaspersky lab david emm, peristiwa peretasan data-data pelanggan atau pengguna tersebut harus dilindungi oleh regulasi. “regulasi saja tidak cukup, perusahaan harus termotivasi untuk melindungi data pelanggannya,” ujar david.

Kemudian, perusahaan yang pernah mendapat serangan kejahatan siber sebaiknya melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib. Perusahaan juga perlu memikirkan hal tersebut karena para pelanggan sudah mempercakan data pribadi mereka.

Apabila perusahaan tidak mengambil tindakan demikian, tentu akan merusak kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. David menjelaskan, system keamanan siber secara berlapis sangat diperlukan perusahaan di tengah kian maraknya berbagai ancaman kejahatan siber.


Meski sudah di terapkan, perusahaan tetap harus memikirkan langkah-langakh bisnis lain guna memberikan perlindungan secara menyeluruh. Kemudian, perusahaan juga perlu menjalankan perangkat lunak yang spenuhnya sudah diperbarui.

Tujuan agar perangkat lunak mendapatkan perlindungan menyeluruh. Audit keamanan secara regular pada kode situs dan pengujian penetrasi ke infrastruktur, juga perlu di masukkan dalam ‘to-do list’ perusahaan yang ingin menjamin keamanan data yang di milikinya.

Memerangi kejahatan siber memang harus di lakukan sejak awal dengan strategi keamanan yang efektif, perlu ditekankan bahwa konsumen tidak memiliki control terhadap keamanan aspek secara daring.

Namun, para pengguna internet bisa melindungi akun pribadinya dengan cara mengganti kata sandi secara berkala. “gunakan kata sandi yang kompleks,” kata david menjelaskan.

Kemudian, jangan pernah menggunakan sandi yang sama pada beberapa akunsosial. Sebab, apabila salah satu akun sudah teretas, kemungkinan akunlain dengan kata sandi serupa juga sudah disusupi. Pengguna juga bisa memanfatkan keuntungan dari autentikasi dua factor yang sudah banyak di tawarkan situs dari awal.


Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]