Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Monday, October 17, 2016

KHASIAT BAYAM "si raja sayuran"

Banyak keunikan bayam. Selain memiliki khasiat, sayuran ini ternyata dulunya adalah tanaman hias.

Nyaris tak ada orang yang tak mengenal bayam. Tetapi, tak banyak pula yang menegnal sayuran bernama laatin amaranthus Spp ini lebih dari sekedar “makanan popeye” alias penambah tenaga. Padahal, pada bayam mengendung sejuta potensi.

Meskipun bayam banyak di jumpai di Indonesia, teruatama di pedesaan, namun siapa mengira tumbuhan ini sebetulnya berasal dari amerika. Uniknya lagi, semula bayam menjadi tanaman hias. Dalam perkembangannya, fungsi bayam berubah jadi sayuran, terutama setelah di bawa ke daratan asia, termasuk Indonesia pada abad XIX.

Di berbagai Negara berkembang bayam termasuk makanan mewah. Sebab, memiliki protein nabati yang tinggi, sekaligus sebagai obat. Di Indonesia, orang tak sulit mencari bayam. Bahkan tumbuh berjenis-jenis, misalnya amarathus caudatus, dan amarathus craenatus, amarathus hypocondricus, amarathus spinosus.

Selain mengandung zat gizi makro, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan lemak, bayam juga mengandung zat gizi mikro, seperti kalsium, fospor, dan besi. Bahkan salah satu keistimewaan bayam, kandungan zat besinya dua kali lebih banyak di bandingkan sayur jenis lain.


Menurut pakar kesehatan, Dr seno sastroamidjojo dalam 100 gram bayam terdapat tenaga sebesar 21,0 Kcal, air 92,9 gr. Protein 2,1 gr. Lemak 0,2 gr. Karbohidrat 2,7 gr. Serabut 0,7mg. abu 1,4 gr, kalsium 90,0 mg, fosfor 29,0 mg. besi 3,8 mg. nutrium 131,0 mg. kalsium 385,0 mg. betakaroten 4080,0 ug. Vitamin B1 0,08 mg, vitamin B2 0,15 mg. niacin 0,7 mg, dan vitamin c 76,7 mg. karena kandungan nutrisi yang demikian tinggi, bayam sering juga di sebut king of vegetables raja sayuran.

Bayam sebagai obat

Bila mata kita bermasalah, hati-hatilah! Anda mungkin terserang age-relacted macular degerattion (AMD). Menurut ahli kesehatan, menghindari penyakit ini tak mudah. Namun, bayam bisa mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Khasiat tersebut di mungkinkan karena bayam mengandung dua pigmen lutein dan zaexanthin. Peran dua pigmen ini lebih dari sekedar memberikan warna, tetapi juga membantu menjaga kesehatan mata. Keduanya mampu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, bayam bisa juga di gunakan untuk terapi, di antaranya, memperbaiki system pencernaan, menurunkan resiko terserang kanker, mengurangi kolesterol (masih terbatas pada hewan) dan bersifat antidiabetes.

Untuk khasiat menurunkan kolesterol, bayam mampu mengonversi zat berbahaya ini menjadi koprostanol. Kemudian di buang keluar tubuh. Sedangkan khasiat antidiabetes di mungkinkan karena kandungan mangan.
Bayam duri (amarathus spinosus),menurut literatur, mampu mengobati asma dan eksim. Bayam jenis ini mengandung amarantin , lutein, kalsium nitrat, piridoksin, zat besi, garam fosfat, vitamin A,C, dan K.

Cara mengobatoi penderita asma adalah dengan memotong terlebih dahulu 5 batang bayam duri muda, termasuk daun dan kembangnya, kemudian rebus menggunakan 5 gelas air selama 7 hingga 10 menit lalu, air hasil rebusan di minum tiga kali sehari.

Untuk menyembuhkan eksim,balutlah bagian yang terkena dengan kain yang telah di rendam air panas hasil rebusan bayam. Pengompresan di lakukan selama 20-30 tahun, cukup sehari sekali.

Air sari bayam segar yang di campur madu berkhasiat  untuk mengobati bronchitis , anemia, dan demam.sematara bayam muda yang di masak dan air nya di campus madu, bisa menyembuhkan keputihan pada wanita, gangguan liver,dan gangguan saluran pencernaan, seperti sembelit dan tukak lambung.

Untuk kecantikan, bayam pun dapat di manfaatkan. Misalnya, merawat kulit muka, kulit kepala, dan rambut. Perawatan kulit wajah di lakukan dengan mengoleskan campuran sari air bayam dan kunyit. Bisa juga dengan membuat jus bayam, lalu oleskan dengan kapas ke wajah dengan gerakan berputar.
Dalam jhon heinerman’s encyclopedia of healing juice di sebutkan, di sebutkan, jus bayam bisa mengencangkan dan menghilan keriput pada wajah 40 hingga 60 persen.

Untuk perawatan kulit kepala dan rambut, cukup dengan mengoleskan sari air bayam secara merata pada kulit kepala secara teratur. Hasilnya, rambut akan tumbuh sehat.

Cuma, bagi yang menderita asam urat dan rematik, jangan mengonsumsi bayam secara berlebihan. Sebab, kandungan zat purin yang tinggi pada bvayam bisa menyebabkan rasa ngilu pada sendi. Purin inilah yang kemudian berubah menjadi asam urat dalam tubuh.

Jadi mari kita konsumsi bayam dan hidup sehat.
Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

1 comment:

  1. Wah ga nyangka bayam punya karbohidrat juga.. lumayan buat campuran smoothie biar ga cepet laper lagi :D

    Nice article :)
    Nuzha

    ReplyDelete

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]