Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Friday, October 14, 2016

SEHAT ITU INDAH, BERSYUKURLAH !!!!!!

العَقْلُ السَّلِيْمُ فيِ الجِسِْم السَّلِيْمِ
Akal yang sehat terdapat dalam badan yang sehat

Pepatah arab ini tidak asing lagi bagi kita. Pepatah ini mengandung nasihat tentang arti kesehatan. Sebagai agama komprehensif, islam tidak luput memberi perhatian terhadap kesehatan. Bahkan, dimensi kesehatan dalam ajaran islam mencakup seluruh ibadah, baik yang berkaitan dengan rukun iman maupun rukun islam.

Dengan kata lain, kesehatan dianggap sebagai salah satu unsur penunjang utama dalam beribadah. Kesehatan sangat dibutuhkan manusia karena mamang peranan yang sangat penting. Dengannya seorang lebih banyak memiliki kesempatan untuk beribadah dibandingkan dengan seorang yang sedang dalam keadaan sakit.

Oleh karena itu, sebagai bentuk kesyukuran, seorang muslim harus menjaga kesehatannya. Itulah salah satu tujuan kehadiran islam. Imam al-ghazali, imam syatibi, al-khawarizmi, yusuf hamid, dan said ramadhan al-buthi memiliki pendapat hampir sama tentang tujuan hadirnya islam, yaitu memelihara agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta.

Jadi, menjaga kesehatan dapat di kata gorikan sebagai pemeliharaan terhadap jiwa yang di dalam nya terdapat usaha mempertahankan hidup dan mencegah rusaknya eksistensi manusia. Allah SWT berfirman: “dan belanjakanlah hartamu di jalan allah, dan jangan kamu menjatuhkan dirimu ke dalam kebiasaan, dan berbuat baiklahkarena sesungguhnya allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” (QS. Al baqoroh [2] 195)

Konsep islam tentang kesehatan dapat di li8hat dari berbagai macam sumber ajaran islam (al quran dan sunnah) serta berbagai literatur yang di tulis para ulama. Misalnya, ayat yang membahas cara menjaga makanan, yaitu dengan memakan yang baik dan halal zat maupun cara mendapatkannya. Allah SWT berfirman, “ dan makanlah makanan yang halal lagi baik(thyyib) dari apa yang telah di rezekikan kepadamu dan bertawakalah kepada allah yang kamu beriman kepadanya.” (qs al-maidah [5] 88)

Sedangkan tuntunan dan petunjuk rasulullah SAW terkait kesehatan sudah tercermin dalam keseharian beliau, mulai dari menjaga kesucian dan kebersihan badan, makanan, pakaian, tempat tinggal maupun lingkungan, mengatur makanan dan minuman. Bahkan, beliau menganjurkan untuk berolah raga, seperti berenang, memanah, dan berkuda.

Aturan islam tentangb makanan dan minuman ternyata menyimpan hikmah bagi kesehatan manusia. Ibnu qayyim al-jauziyyah dalam kitab at-thibb an-nabawi menjelaskan, setiap makanan dan minuman yang di haramkan allah pasti mendukung resiko yang amat tinggi, baik bagi nkesehatan nfisik maupunmental.

Misalnya, minuman khamr. Menurut penelitian, kandungan alkohol dalam minuman keras dapat menimbulkan penyakit bagi orang yang mengkonsumsinya, seperti penyakit liver, hipertensi, gangguan hati dan stroke. Ini menunjukkan bahwa perhatian islam terhadap kesehatan sangat besar karena makanan dan minuman merupakan salah satu penentu sehat tidaknya sesorang.

Bahkan, salah seorang ahli teknologi barat, prof hans heirich reckewek, M.D di buat kagum dengan pola makan alai slam. Beliau menuturkan, “ kita masyarakat barat yang tidak mengamati dan tidak mencontoh dab makan yang di ajarkan islam, akhirnya menderita banya penyakit. Mereka yang mematuhi kebiasaan makan menurut islam akan sehat, dan mereka yang meniru cara makan barat yang buruk sekali. Kebiasaan sehat dalam adab makan islam seharusnya di tiru oelh masyarakat barat.

Prof. hens sepertinya terinspirasi oleh hadis rasulullah tentang bagaimana mengisi perut yang baik, yaitu sepertiga bagian lambung untuk makanan, sepertiga lagi air minum, dan sepertiga lagi untuk nafas dan udara. Hadis ini memang di akui barat sebagai npola makan yang terbaik karena terbukti dapat memperpanjang usia manusia.


Dengan demikian, jelas sekali bahwa agama islam adalah agama konvrenhesif yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk kesehatan dalam islam menggambarkan misi keselamatan dunia akhirat, kesejahtraan dan kemakmuran lahir batain bagi seluruh umat manusia.
Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]