Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Monday, November 21, 2016

OPTIMASI LINGKUNGAN HIJAU YANG PRODUKTIF


Lingkungan adalah suatu tempat dimana terdapat mahluk hidup beserta ekosistem di dalamnya yang saling berhubungan satu sama lainnya, sehingga semua itu saling berkaitan, jika ada kerusakan di dalam salah satu aspek lingkungan maka kehidupan ekosistem akan menjadi tidak setabil dan bahkan akan rusak seluruhnya, maka sudah sepatutnya kita sebagai generasi bangasa untuk mejaga keseimbangan dari ekosistem agar tercapai lingkungan yang sehat.

Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bisa membuat semua yang ada di dalamnya merasa nyaman, baik dari hewan, tanaman bahkan manusia semua merasa terpenuhi kebutuhanya, dengan demikian kita harus menciptakan ekosistem yang setabil, yang dapat menghubungkan seluruh elemen mahluk hidup dan ekosistem, tentunya dalam hal ini, yang paling berperan besar adalah manusia, seluruh lingkungan kehidupan di kendalikan oleh manusia, seluruh kerusakan dan perbaikan datangnya dari manusia, alam dan lingkungan hanya mengikuti apa yang di kehendaki oleh manusia, terkadang manusia adalah mahluk yang merusak, tapi di satu sisi yang lain manusia adalah penyempurna dan pembauat perbaikan.

Setelah kita cermati, lingkungan yang berada di sekitar kita semakin terpuruk, banyaknya pembukaan lahan untuk indutri dan pencemaran lingkungan hidup semakin merajalela, ini menjadi masalah besar bagi generasi bangsa ini, jika hal ini berkelanjutan maka apa jadinya lingkungan di generasi berikutnya, sebagai generasi muda kita harus mencegahnya demi terciptanya lingkungan yang sehat di generasi berikutnya.

Lingkungan hijau adalah solusi utaman dari kerusakan lingkungan, yang sangat diperlukan bagi kita karena banyak manfaat dari lingkungan tersebut. Kita tidak harus memulai dari lingkup yang besar. Kita hanya perlu melakukan dari lingkungan yang paling kecil karena upaya sekecil apapun bisa membantu kita memperbaiki bumi yang mulai rusak.

Kita bisa memulai menyediakan sedikit area untuk ditanami pohon atau tanaman yang cukup bisa produktif, contohnya tanaman buah, sayur-sayuran, dan yang lainnya. Jika kita tidak mempunyai halaman yang cukup luas, anda bisa menggunakan media pot untuk menanam pohon dan tanaman yang akan membuat rumah anda lebih hijau serta asri. Anda sebaiknya jeli memilih pohon atau tanaman yang benar-benar bisa membuat lingkungan lebih segar, dalam hal ini kita bermaksud untuk memperbaiki lingkungan dengan tanaman hijau yang produktif, kenapa harus produktif ?, karena jika kita menanam tanaman yang produktif kita tidak hanya memperbaiki lingkungan tetapi kita juga dapat memetik hasil dari tanaman kita, hal inilah yang kita maksud.

Untuk mengusahakan stiap komunitas masyarakat termasuk  pelajar/mahasiswa untuk aktif melakukan penanaman pohon/bunga/buah sekaligus melestarikan tanaman langka buah-buahan tropis Indonesia dilahan pemukiman yang memungkinkan untuk ditanam. Umumnya masih banyak halaman yang belum maksimal dipergunakan baik di halaman perkantoran maupun rumah tangga,banyaknya jumlah pepohonan dan buah-buahan tropis Indonesia yang semakin sulit ditemukan. Dengan memamfaatkan lahan sisa/halaman sisi-sisi jalan/tabulpot akan mendapatkan keuntungan ganda selain penghijauan dan kenyamanan,kepunahan pohon /buah langka dapat terhindari,keuntungan lain buah/bunga/daun dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi). Merubah paradigma bahwa untuk melakukan penghijauan harus ada lahan yang luas. Mengajarkan masyarakat agar cermat memproduktifkan lahan sisa yang terdapat diseputar tempat tinggal.

Menerapkan gaya hidup yang hijau tentu tidak mudah. Semua orang harus mulai sadar akan pentingnya lingkungan hijau sebagai daerah penyerap air dan penyimpan air. Kita tetap bisa merasakan udara yang dingin jika kita selalu bisa melestarikan lingkungan yang hijau disekitar rumah kita. Mendaur ulang berbagai barang juga bisa membuat bumi kita lebih hijau. Anda bisa memulai dari rumah kita dan menyebarkan gaya hidup sehat anda kepada orang lain disekitar kita.

Ini lah hal yang harus kita lakukan sebagai generasi bangsa, melihat banyaknya kerusakan yang sudah terjadi di lingkungan kita, banyaknya penebangan hutan, banyaknya bencana tanah longsor dan banjir, kita harus perihatin terhadap hal ini, jika di genrasi kita saja lingkungan sudah rusak kemudian bagaimana dengan generasi berikutnya?. Jika di generasi kita saja tidak ada yang peduli terhadap lingkungan kemudian bagaimana dengan generasi berikutnya?, ini lah pertanyaan dan pernyataan yang harus kita jawab dan kita selesaikan.

Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan:

1.      Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di badan air atau sungai, tidak menjadikan sungai sebagai tempat mandi, cuci, kakus baik untuk manusia atau hewan ternak, membuat kolam pengelolaan limbah baik padat ataupun cair sebelum di alirkan ke sungai. Kolam pengelolaan limbah ini juga harus kita sampaikan kepada pabrik pengolahan industry, pasalnya, limbah yang berasal dari industri seringkali mengandung bahan beracun yang berbahaya

2.      Mengadakan sosialisasi tentang penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan dan teknoilogi mesin transportasi yang efisien.

3.      Memberikan penyuluhan terhadap indutri pabrik tentang penggunaan alat dust collector untuk menagkap debu yang keluar dari cerobong pabrik.

4.      Menggalakkan penanaman tumbuhan yang mampu menyerap dan mengkonversi zat pencemar udara.

Untuk mensukseskan hal ini, pemerintah harus ikut terjun dalam mamantau dan memberikan bantuan serta menghukum bagi siapa saja yang terbukti melakukan pencemaran lingkunagan.

Demikian artike singkat tentang optimasi lingkungan hijau yang produktif dalam menyelesaikan dampak dari kerusakan lingkungan, semoga artikel ini bermanfaat.
Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]