Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Friday, November 4, 2016

KONFLIK INDONESIA 4 NOVEMBER 2016 (hari persatuan islam indonesia)

Di dalam sebuah organisasi, pemerintahan, politik di dalam nya pasti ada yang namanya konflik, bahkan dalam suatu pertemana,persahabatan saja pasti ada yang namanya konflik, Konflik adalah suatu masalah sosial yang timbul karena adanya perbedaan pandangan yang terjadi di dalam masyarakat maupun negara.

Faktor penyebab konflik menurut Smith, Mazzarella dan Pieleantara lain :
(1)    Masalah komunikasi merupakan salah satu faktor penyebab konflik, yang bisa terjadi pada masing-masing atau gabungan dari unsur-unsur komunikasi, yaitu sumber komunikasi, pesan, penerima pesan dan saluran.
(2)    Struktur organisasi merupakan salah satu faktor penyebab konflik, yang secara potensial dapat memunculkan konflik. Pada setiap departemen atau fungsi dalam organisasi mempunyai kepentingan, tujuan dan programnya sendiri-sendiri yang seringkali berbeda dengan yang lain.
      (3)    Faktor manusia merupakan salah satu faktor penyebab konflik, sifat manusia satu dengan                   yang lain berbeda dan juga unik. Hal ini yang berpotensi memunculkan konflik.

Konfklik dapat berdampak negative karena dapat memperkeruh tatanan sosial. Konflik dapat pula menguras pengeluaran Negara dan menyebabkan kerugian material dan non-material. Namun, konflik juga berdampak positif bagi suatu masyrakat atau kelompok. Konflik dapat meningkatkan konsolidasi antar pihak yang berkonflik. Masing-masing pihak akan menganggap lawan yang akan mereka hadapi adalah musuh mereka. Kemudian, mereka bersiap-siap menghadapi musuhnya dengan berbagai persiapan.

Saat ini, umat islam Indonesia sedang on fire apalagi menyambut acara akbar hari ini. Aksi massa akan mereka lancarkan untuk membela islam. Islam yang saat ini menghadapi konflik keras dengan basuki Tjahaja purnama (ahok) yang menghina islam melalui perkataannya. Inilah yang jadi pemicu konflik antara dia dan umat. Umat menuntut proses hukum yang sesuai  dengan perbuatannya. Aksi ini adalah aksi untuk membela islam, bukan agenda politik apalagi sentiment etnis, begitu yang di sampaikan oleh Habib Rizieq. Memang, pernyataan ahok yang mengatakan bahwa masyarakat jangan mau dibohongi pakai surat al-maidah ayat 51 telah membuat geram uamt.

Saya sendiri mendukung aksi masa ini, meskipun mohon maaf bila saya tidak turut ikut terjun turun ke jalanan. Saya percaya bahwa untuk membela islam, kita dapat melakukan banyak hal termasuk menuntut ilmu yang bermanfaat. Saya mendukung aksi ini bukan hanya statement  ahok sudah membakar emosi umat, namun juga agenda bela islam adalah momen yang tepat untuk mempersatukan umat islam yang sering di adu domba.

Saya pribadi sering jengkel ketika umat islam mudah termakan hasutan yang banyak menyebar di media sosial. Gara-gara tahlilan,yasian,wiridhan, kaum muslim sering saling adu mulut, adu argument. Gara-gara jenggot,sorban,dan peci umat mudah sekali beradu otot. Karena beda waktu idul fitri, perselisihan sering terjadi. Saat ini, kaum muslim mulai meyatukan kekuatan untuk mengahapi penistaan agama dan penghinaan terhadap kitab suci umat.

Semoga bukan kali ini saja umat islam dapat bersatu menegakkan islam. Tak usah menunggu penistaan agama, tapi seharusnya setiap saat membela islam. Mari kita satukan semangat kita jika anda seorang petani mari kita songsong Indonesia dengan kemajuan indutri pertanian, jika anda seorang karyawan mari kita buktikan bahwa umat islam adalah karyawan yang paling loyal dan kompeten, jika anda seorang pembisnis mari kita buktikan bahwa umat islam adalah umat yang mempunyai drajat dan kekuasaan yang besar di dunia perekonomian bahkan sosial, jika anda seorang mahasiswa pelajar maka buktikan bahwa mahasiswa islam adalah sebaik-baiknya ilmuan dan mempunyai pergerakan yang besar untuk umat. Satuak tekat   Allahhuakbar…allahuakbar……allahhuakbar.

Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]