Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Monday, November 14, 2016

BRIMOB SEBAGI PASUKAN ISTIMEWA POLISI REPUBLIK INDONESIA

Membicarakan tentang brimob, ternyata brimob polri memiliki sejarah yang panjang sebagai kesatuan yang sangat berperan penting dalam keamanan Negara di bawah organisasi polisi republic Indonesia. Brimob mempunyai spesifikasi tugas yang berbeda dengan polisi umum, di setiap sejarahnya brimob selalu berperan penting dalam perjuangan bangsa Indonesia baik dalam usaha membela Negara maupun melawan pemberontakan.

Brimob polri yang ada sekarang ini dapat di anggap sebagi pewaris langsung dari satuan polisi yang ada pada masa colonial blanda. Pada tahun 1912, pemerintah hindia blanda membentuk satuan polisi bersenjata yang di namakan Gewapenden politie dan kemudian di ganti oleh satuan lain bernama Veld politie yang memiliki tugas yang sama, tugas-tugas ini antara lain; bertindak sebagai unit reaksi cepat, menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, mempertahankan hukum sipil, menghindarkan munculnya suasana yang memerlukan bantuan militer, dan konsulidasi wilayah yang baru di kuasai. 

Pada masa jajahan jepang, polisi khusus di bentuk dengan nama Tokubetsu Keisatsu Tai, di bentuk di setiap daerah di pulau jawa pada bulan april 1944, pasukan ini lebih lengkap dan tangkas di banding pasukan bentukan colonial blanda. Jumlah polisi khusus ini lebih besar, termasuk persenjataan dan kendaraan lapis baja, tugas utama satuan ini adalah untuk merespons sejumlah ancaman utama terhadap keamanan termesuk demonstrasi, kerusuhan dan pemberintakan bersenjata, pada masa ini polisi khusus di anggap sebagai kekuatan bersenjata yang sangat teratur.

Setelah proklamasi kemerdekaan, pada tanggal 21 agustus 1945, komandan satuan polisi khusus jawa timur, Inspektur polisi M.jasin (komandan syu keisatsutai), meresmikan bahwa saat itu polisi harus di artikan polisi Republik Indonesia, dan satuan polisi khusus di resmikan sebagai polisi istimewa di atas satuan polisi biasa, yang kemudian pada 17 september 1946, kepala kepolisian republik Indonesia, RS. Soekanto Tjokrodiatmojo, meberi kuasa kepada komisaris Polisi M.yasir untuk mebentuk mobile brigade. Yaitu satuan yang di bentuk dari polisi istimewa, dan pada 14 november 1946 mobile brigade secara resmi lahir, maka setiap tanggal 14 november di peringati hari mobile brigade sebagi pengahargaan kepada para pejuang dari anggota polisi istimewa yang telah gugur.

Pada hari ulang tahun ke 16, tanggal 14 november 1961, presiden RI dengan berlangsungnya penganugrahan petaka “ NUGRAHA CAKANTI YANNA UTAMA” sebagai penghargaan atas kesetiaan mobile brigade maka beliau mengubah nama mobile brigade menjadi brigade mobile, yang pada saat ini kita kenal dengan satuan BRIMOB

Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]