Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Saturday, August 6, 2016

Bangunan tahan gempa

Saat ini dan kedepan, peristiwa gempa bumi di Indonesia rasanya seperti sebuah keniscayaan. Ketahui segera teknik bangunan tahan gempa dengan karet alam untuk keselamatan keluarga dan diri anda.

Selain korupsi dan teroris, gempa bumi adalah istilah yang rasanya tidak akan hilang dalam kamus peristiwa negri ini. Setelah di guncang dengan peristiwa gempa dan tsunami aceh tahun 2004, bangsa Indonesia seperti tak pernah lepas dari peristiwa gempa bumi. Terakhir adalah gempa bumi di Sumatra barat dan sekitarnya, sebesar 7,6 skala richter yang menelan korban hingga ribuan jiwa.

Lalu antisipasi apa saja yang isa kita lakukan agar peristiwa gempa bumi tidak menelan banyak korban? Selain, tentu saja terus berdoa untuk keselamatan dan keamanan negri ini, antisipasi struktur bangunan rumah dan kantor kita tampaknya harus kita lakukan. Hal ini karena fakta di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar korban gempa adalah karena ketimpa bangunan.

Secara umum, stuktur bangunan dapat di kelompokkan menjadi engineered building dan non engeneered building. Engeneered building adalah bangunan yang dalam perencanaan maupun pelaksanaannya memerlukan tenaga ahli. Contohnya gedung bertingkat, lapangan terbang, jembatan jalan layang, bendungan, dan lain-lain.

Non engineered building adalah bangunan yang di rencanakan dan di laksanakan tampa bantuan tenaga ahli. Bangunan-bangunan ini pada umumnya di buat secara spontan dan berdasarkan kebiasaan tradisional setempat. Pelaksanaanya pun mengikuti cara-cara maslalu. Untuk bangunan itu sendiri dibagi di bagi dalam 2 katagori, bagunan tradisional dan bangunan rumah sederhana atau bangunan komersial yang dibangun tampa bantuan ahli banguan.

Karakteristik struktur banguan
Bagunan harus mempunyai kriteria antara keseimbangan biaya yang di keluarkan, dan resiko yang dapat di terima. Engineered building maupun non engineered building harus memenuhi kriteriaperancangan yang memadai, yaitu:

Pertama, struktur banguan harus tetap utuh dan tidak boleh mengalami kerusakan yang berarti pada saat terjadi gempa sedang. Pada kondisi ini struktur di harapkan akan merespo di dalam kondisi elastis. 

Kedua, komponen non structural dari struktur bangunan diperkenankan mengalami kerusakan, tetapi komponen structural harus tetap utuh pada saat terjadi gempa sedang.

Ketiga, saat terjadi gempa kuat, komponen structural dan non structural dari system struktur di perbolehkan mengalami kerusakan, tetapi struktur bangunan secara keseluruhan tidak boleh runtuh.

Balai teknoogi karet (BPTK) bogor jawa barat, telah mengeluarkan sebuah teknologi bangunan tahan gempa dengan menggunakan metode bantalan karet alam yang di padukan dengan lempeng baja.
Bantalan ini di pasang di setiap kolom bagian bawah, antara fondasi dan banguan. Mekanisme kerjanya karet alam berfungsi untuk mengurangi getaran gempa. Sementara lempengan baja di gunakan untuk menambah kekuatan bantalan karet sehingga defleksi (penyimpangan arah) dan deformasi ( perubahan bentuk) bangunan saat bertumpu di atas bantalan karet tidak besar.

Pengaruh gempa bumi yang sangat merusak struktur bangunan adalah load dari komponen gaya atau getaran horizontal. Getaran horizontal itu meneimbulkan gaya reaksi yang besar, bahkan di lokasi puncak atau ujung bangunan dapat mengalami pembesaran hingga dua kalinya.
Bila aliran gaya pada bangunan itu lebih besar dari kekuatan struktur, maka bangunan tersebut akan rusak parah. Gaya reaksi yang di terima oleh struktur bangunan dapat dikurangi melalui penggunaan bantalan karet alam.

Prinsip dasar cara perlindungan bangunan oleh bantalan karet alam adalah mengurangi getaran gempa bumi dengan arah horizontal, sehingga memungkinkan strutur bangunan bergerak bebas tampa tertahan oleh fondasi. Melalui uji coba skala penuh banguanan , bantalan karet alam terbukti dapat meredam daya reaksi sehingga 70% selamat mencoba    

Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]