Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Monday, May 9, 2016

Sejarah -MANAJEMEN KEUANGAN-

Manajemen keuangan berdiri sebagai bidang studi yang terpisah pada awal tahun 1990-an, penekanannya diberikan pada aspek hokum merger, pembentukan perusahaan baru, dan berbagai jenis sekuritas yang dapat diterbitkan perusahaan untuk menambah modal. Selama masa depresi pada tahun 1930-an, penekanannya beralih ke maslah seperti kebangkrutan dan reorganisasi, likuiditas perusahaan, dan regulasi pasar modal. Selama tahun 1940-an hingga awal tahun 1950-an, manajemen keuangan diajarkan sebagai suatu deskripsi dan subjek institusi, yang lebih menekankan sudut pandang pihak luar perusahaan dari pada manajer. Namun di akhir tahun 1950-an, penekanan ini bergerak menuju ke arah analisis teoritis, dan fokusnya beralih ke keputusan manajerial dalam memilih aktiva serta kewajiban dengan tujuan memaksimalkan nilai perusahaan. Focus ini berlanjut hingga tahun 1990-an. Namun, 2 kecendrungan lainnya juga menjadi sangat penting dalam tahun-tahun terakhir: (1) globalisasi bisnis dan (2) peningkatan penggunaan teknologi informasi. Kecendrungan ini akan terus berlanjut di masa mendatang




  Globalisasi Bisnis


Ada 4 faktor yang menyebabkan globalisasi bisnis meningkat:

1.      Kemajuan dalam bidang transportasi dan komunikasi, yang menghemat biaya pengiriman serta membuat perdagangan internasional menjadi lebih mudah.

2.      Keinginan konsumen akan produk yang lebih murah dan bermutu tinggi telah mengurangi hambatan perdagangan yang di rancang untuk melindungi pabrik domestic yang tidak efisien serta biaya tinggi.

3.      Teknologi yang semakin canggih telah menyebabkan meningkatnya biaya pengembangan produk baru.

4.      Pemindahan fasilitas produksi ke negara yang biaya produksinya paling rendah



Teknologi Informasi
Perkembangan teknologi computer dan komunikasi akan terus berlanjut hingga akhir tahun 1990-an, dan hal ini akan merevolusi cara-cara pengambilan keputusan keuangan. Perusahaan membuat jaringan kerja computer pribadi ke setiap computer lainnya, ke computer mainframe perusahaan, ke internet dan World Wide Web, serta ke computer konsumen dan pemasok. Jadi, manajer keuangan akan dapat bertukar informasi dan melakukan pertemuan “tatap muka langsung” dengan kolega mereka melalui video konfrensi jarak jauh. Kemampuan untuk mengakses dan menganalisis data secara tepat waktu juga berarti bahwa analisis kuantitatif menjadi lebih penting, dan “naluri” menjadi kurang efisien dalam keputusan bisnis. Akibatnya, manajer keuangan generasi mendatang akan lebih membutuhkan kemampuan computer dan ketrampilan kuantitatif dari pada manajer keuangan di masa lalu.

 

Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]