MENGENAL SEGMEN PASAR
Sebelum mendirikan usaha hal yang sangat penting
di lakukan adalah survey untuk mengenal segmen pasar. Ada baiknya kita
melakukan riset sderehana mengenai demografi penduduk sekitar calon lokasi yang
akan anda pilih untuk memulai bisnis. Kita bisa menggunakan data sekunder
misalnay dengan mengunjungi website resmi pemerintah daerah setempat dan
kemudian juga tidak ada salahnya kita langsung survey lokasi. Di harapkan dari
hasil riset sederhana yang kita lakukan ini, akan diperoleh data-data mengenai
kelompok, usia penduduk yang ada di sekitar lokasi, tingkat pendidikan mereka,
yang kemudian akan bisa di gunakan untuk memperkirakan tingkat penghasilan dan
kebutuhan penduduk di sekitar calon lokasi
Riset
sederhana selanjutnya yang harus di lakukan adalah memahami competitor yang ada
di sekitar calon lokasi. Di mulai dengan pendataan berapa banyak warung dan
toko yang masih di kelola secara tradisional yang ada di disana, dan juga
berapa banyak minimarket modern yang ada di situ. Seberapa padat penyebaran
warung, toko, atau minimarket-minimarket tadi. Kemudian kita coba mengunjungi
satu-persatu, di sana kita akan suvei seberapa banyak barang yang di jual,
seberapa lengkap, bagaimana harganya dan pelayanannya.
Data-data
itulah yang akan membantu kita untuk menyiapkan blue plan atau rencana apa yang
akan kita lakukan dengan minimarket kita nantinya, barang-barang apa saja yang
nantinya akan disediakan, bagaimana pelyanan yang akan di berikan untuk
memenuhi kebutuhan konsumen, kelengkapan dan ketersediaan barang, kemudahan
pelanggan mendapatkan barang yang di cari, antisipasi tingkat persaingan dengan
competitor sejenis, program-program promosi yang akan kita tawarkan, dan
seluruh system pelayanan.
Mengenal
segmen pasar sangat lah penting untuk di lakukan pertamakali sebelum kita
melangkah ke step berikutnya. Ikuti terus kelanjutanya mengenai langkah-langkah
mendirikan dan menjalankan usaha minimarket mandiri di blog ini.
0 komentar:
Post a Comment