Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Monday, January 2, 2017

CARA MENDIRIKAN MINIMARKET MANDIRI BAGIAN 1

MENGENAL SEGMEN PASAR
Sebelum mendirikan usaha hal yang sangat penting di lakukan adalah survey untuk mengenal segmen pasar. Ada baiknya kita melakukan riset sderehana mengenai demografi penduduk sekitar calon lokasi yang akan anda pilih untuk memulai bisnis. Kita bisa menggunakan data sekunder misalnay dengan mengunjungi website resmi pemerintah daerah setempat dan kemudian juga tidak ada salahnya kita langsung survey lokasi. Di harapkan dari hasil riset sederhana yang kita lakukan ini, akan diperoleh data-data mengenai kelompok, usia penduduk yang ada di sekitar lokasi, tingkat pendidikan mereka, yang kemudian akan bisa di gunakan untuk memperkirakan tingkat penghasilan dan kebutuhan penduduk di sekitar calon lokasi

Riset sederhana selanjutnya yang harus di lakukan adalah memahami competitor yang ada di sekitar calon lokasi. Di mulai dengan pendataan berapa banyak warung dan toko yang masih di kelola secara tradisional yang ada di disana, dan juga berapa banyak minimarket modern yang ada di situ. Seberapa padat penyebaran warung, toko, atau minimarket-minimarket tadi. Kemudian kita coba mengunjungi satu-persatu, di sana kita akan suvei seberapa banyak barang yang di jual, seberapa lengkap, bagaimana harganya dan pelayanannya.

Data-data itulah yang akan membantu kita untuk menyiapkan blue plan atau rencana apa yang akan kita lakukan dengan minimarket kita nantinya, barang-barang apa saja yang nantinya akan disediakan, bagaimana pelyanan yang akan di berikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kelengkapan dan ketersediaan barang, kemudahan pelanggan mendapatkan barang yang di cari, antisipasi tingkat persaingan dengan competitor sejenis, program-program promosi yang akan kita tawarkan, dan seluruh system pelayanan.

Mengenal segmen pasar sangat lah penting untuk di lakukan pertamakali sebelum kita melangkah ke step berikutnya. Ikuti terus kelanjutanya mengenai langkah-langkah mendirikan dan menjalankan usaha minimarket mandiri di blog ini.


Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]