Membaca Membuka Cakrawala, Membangaun Peradaban Dunia

Wednesday, October 26, 2016

JUKLAK PERLOMBAAN FILM (festival imiah mahasiswa)

FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM)

STAFF PERPUSTAKAAN DAN LEMBAGA PENJAMIN DAN PENGEMBANGAN MUTU KAMPUS MANAJEMEN MANTINGAN


“JUKLAK PERLOMBAAN”







UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
PONOROGO
2016
A.    Juklak Perlombaan
Juklak Perlombaan Festival Ilmiah Mahasiswa.
Karya Ilmiah Sederhana

Definisi Kegiatan
Karya ilmiah adalah tulisan hasil berpikir ilmiah. Proses berpikir ilmiah terdiri atas identifikasi masalah, pembatasan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis, dan penarikan simpulan. 

Tujuan Kegiatan

1.      Menumbuhkan minat membaca dan menulis mahasiswa.
2.      Memberi pengetahuan kepada mahasiswa tentang penulisan karya ilmiah.
3.      Meningkatkan intelektualitas dan kreatifitas mahasiswa.


Tema

“Instrumen Potensial Ekonomi Islam, a Promising Alternative.”

Persyaratan Peserta
1.      Peserta bisa individu atau kelompok dengan batas maksimal 2 orang.
2.      Anggota tim diperbolehkan berasal dari fakultas atau jurusan yang berbeda.
3.      Setiap peserta mengirim 1 karya.
Sistematika Penulisan
Pada dasarnya karya ilmiah dibagi menjadi dua bagian bagian utama, bagian tubuh dan bagian pelengkap.
Bagian tubuh terdiri atas tiga bagian sebagai berikut:
1.      Pendahuluan berisi tujuan penulisan, perumusan masalah, dan pembatasan masalah.
2.      Isi, pada bagian isi dikupas secara rinci dan detail pokok permasalahan yang telah dirumuskan pada bagian pendahuluan.
3.      Penutup, biasanya berisi kesimpulan dan saran.
Bagian pelengkap terdiri atas:
1.      Halaman judul
2.      Kata pengantar
3.      Daftar isi
4.      Daftar pustaka
Langkah-langkah penulisan
1.      Tentukan topik sesuai tema yang sudah ditentukan diatas.
2.      Susunlah kerangka karya tulis.
3.      Kembangkan kerangka karya tulis menjadi paragraph-paragraf yang rinci. Untuk mempermudah pengembangannya kita dapat mencari informasi dari beberapa buku sumber dan mencatatnya. Yang dicatat adalah pendapat seseorang, judul buku, penerbit, tahun terbit, tempat terbit dan penulis.
4.      Bahas kembali karya tulis yang telah disusun dari segi penataan gagasan dan format penulisan.
5.      Sempurnakan bagian tulisan yang belum sempurna.
6.      Lengkapilah karya tulis dengan halaman judul atau cover, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.
7.      Susunlah karya tulis dengan urutan sebagai berikut:
a.       Halaman judul atau cover
b.      Daftar isi disertai halaman
c.       Tubuh karya tulis, meliputi;
                                                                          i.      Pendahuluan
                                                                        ii.      Pembahasan isi
                                                                      iii.      Penutup
                                                                      iv.      Daftar pustaka
8.      Cara penulisan daftar pustaka:
a.       Ditulis di halaman terakhir
b.      Ditulis secara alfabetis
c.       Tidak memakai nomor
d.      Urutkan penulisan daftar pustaka; nama pengarang, tahun terbit, judul buku, tempat terbit, penerbit.

Ketentuan Umum   

1. Pendaftaran lomba karya ilmiah sederhana ini tidak dipungut biaya registrasi, dan khusus untuk mahasiswa UNIDA Putra maupun Putri.

2.      Peserta berasal dari mahasiswa S1 UNIDA.
3.      Peserta mengirimkan maksimal 1 karya. 
4.      Naskah merupakan naskah asli, bukan saduran dan merupakan hasil pemikiran penulis sendiri yang belum pernah dipublikasikan. 
5.      Panitia diberi hak dan wewenang untuk mempublikasikan setiap karya dengan tetap mencantumkan nama penulis. 
6.      Naskah karya ilmiah harus disertai dengan biodata penulis yang minimal memuat nama, asal, alamat tempat tinggal, nomer telepon dan email.
7.      Kirim karya tulis berbentuk file pdf, termasuk biodata penulis, dengan subject Nama Lengkap dan Prodi kirim ke filmunida2016@gmail.com
  Petunjuk penulisan 
1.      Karya ilmiah berlandaskan sumber yang dapat dipertanggung jawabkan. 
2.      Judul karya ilmiah bebas sepanjang mengacu pada tema. 
3.      Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia. 
4.      Panjang naskah minimal 3 halaman, maksimal 8 halaman ( tidak termasuk cover dan Daftra pustaka )
5.      Naskah diketik di kertas A4, Times New Roman, 12, spasi 1,5, margin top, left 4 cm, buttom, right, 3 cm. 
6.      Naskah karya tulis berisi tiga  bagian  yang  tidak  perlu  disebut  secara  eksplisit. yaitu pendahuluan (latar  belakang  dan  identifikasi  pembahasan), isi (pembahasan dan analisis) dan konklusi (kesimpulan/penutup).
7.      Cover terdiri dari Judul – Nama Penulis – Logo UNIDA – Alamat Lengkap Kampus.

Mekanisme Perlombaan
Kegiatan 
Jadwal 
Pendaftaran dan Pengumpulan berkas 
8 Oktober-30 Oktober 2016 
Penilaian
31-2 Oktober-November 2016 
Pengumuman Finalis 
3 November 2016 
Presentasi Finalis dan Pembagian Hadiah
5 November 2016

Kriteria penilaian
1.      Penilaian  dilakukan  secara  objektif  berdasarkan  petunjuk  penulisan  dan  kriteria penilaian yang telah ditetapkan. 
2.      Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 
3.      Aspek yang dinilai dan bobot penjurian :
No. 
Aspek Penilaian 
Uraian 
Bobot 
1. 
Format Makalah 
Tata tulis: ukuran kertas, tipografi, tata letak, kerapian ketik, jumlah halaman.
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  



 
  
            10% 
 
 
2. 
Kreatifitas Gagasan 
-
Keaslian : gagasan relative baru dan unik 
       


-
Kreatif         :         menunjukkan
   





-
pemahaman baru atas persoalan yang dibahas, bermanfaat bagi masyarakat.
Aktual  gagasan  sesuai  dengan kondisi kekinian dengan 
menyajikan data dan fakta 

            20% 

3. 
Topik yang dikemukakan 
-

-
Aktualitas topik dan focus bahasan yang dipilih.
Kesesuaian judul dengan tema topik dan isi karya tulis.
       

30%





4. 
Data dan sumber informasi
-










-
Relevansi data dan informasi yang diacu dengan uraian tulisan. Sumber pustaka dianjurkan dari buku, jurnal, makalah,dan surat  kabar. Sumber pustaka daring (online) bersifat terbatas pada sumber-sumber terpercaya (laman resmi surat kabar, instansi pemerintah/swasta, e-journal, ebook).
Sumber pustaka dicantumkan di  dalam pengutipan dan daftar pustaka.

30% 
5. 
Analisis, sintesis, dan simpulan.
-
-


-

-

Tata tulis : kerapihan ketik, tata letak
Pengungkapan : sistematika tulisan, ketepatan dan kejelasan ungkapan,   bahasa   baku   yang  baik dan benar, komunikatif dan relative mudah dipahami. 
Refleksi     atas     fakta      yang didasarkan  pada  analisis menjadi prioritas penilaian. 
Kemampuan menganalisis & sintesis secara reflektif dan meringkasnya dalam simpulan. 
            10% 
 
 
 
  

Essay Competition
Tujuan Kegiatan

1.      Menumbuhkan minat membaca dan menulis mahasiswa.
2.      Memberi pengetahuan kepada mahasiswa tentang penulisan karya ilmiah.
3.      Meningkatkan intelektualitas dan kreatifitas mahasiswa.

Definisi kegiatan:
Lomba penulisan esay merupakan salah satu bentuk penulisan karya ilmiah yang berbentuk gagasan.
Tema:
“Pembaruan Konsep Manajemen an Islamic Perspective
Persyaratan Peserta
1.      Peserta bisa individu atau kelompok dengan batas maksimal 2 orang.
2.      Anggota tim diperbolehkan berasal dari fakultas atau jurusan yang berbeda.
3.      Setiap peserta mengirim 1 karya.
Sistematika Penulisan
Essay, seperti halnya karya tulis yang lain, memiliki sistematika penulisannya sendiri. Setiap orang yang menulis essay juga perlu untuk mengetahui dan memahami cara penyusunan penulisan essay. Penulis essay tidak bisa menulis isi essay seenaknya saja tanpa data dan fakta yang jelas. Essay memang berisi pendapat dari penulis, akan tetapi data akurat, fakta, dan informasi yang berhubungan degan topik pembahasan harus tetap ada.
Sistematika penulisan essay di antaranya adalah pendahuluan, tubuh atau isi dari essay, dan juga kesimpulan essay. Berikut penjelasan lebih detail panduan menulis essay mengenai sistematika penulisan essay:
1.      Pendahuluan. Pendahuluan merupakan bagian awal yang terdapat di dalam esai. Isi dari pendahuluan di antaranya adalah pemaparan latar belakang dari pemilihan topik atau tema esai dan permasalah yang akan dibahas di dalam esai. Pendahuluan juga berisi pendapat dari penulis essay tersebut.

2.      Tubuh Esai. Tubuh essay adalah bagian terpenting dari sebuah essay. Isi dari esai adalah pemaparan data-data yang berhubungan dengan tema yang dibahas. Adanya data-data ini sebagai salah satu tanda bahwa apa yang dibahas oleh penulis merupakan sesuatu yang nyata dan tidak dibuat-buat. Pemaparan data tersebut juga diiringi oleh pendapat penulis tentunya berhubungan dengan pembahasan. Selain data-data yang berhubungan dengan tema yang dibahas, bagian isi dari esai juga berisi informasi yang erat hubungannya dengan tema yang diangkat.


3.      Kesimpulan dari esai. Sebuah tulisan biasanya akan memilik bagian akhir yang bernama kesimpulan (untuk jenis tulisan nonfiksi). Begitu juga dengan esai yang memiliki kesimpulan pada bagian akhirnya. Kesimpulan ini berisi ringkasan keseluruhan isi esai ayng dibutil oleh penulis itu sendiri. Ada juga poin-poin observasi serta pendapat penulis mengenai pembahasan pada esai.
Penulisan sistematika esai tersebut sebaiknya dilakukan dengan rapi. Selain itu juga harus tepat sasaran, dalam arti tidak ada penyimpangan jauh dari pembahasan dalam isi dan juga pendapat penulis. Pemaparan pendapat pun sebaiknya sesuai dengan data tema yang diambil.
Mekanisme Perlombaan
Kegiatan 
Jadwal 
Pendaftaran dan Pengumpulan berkas 
8 Oktober-30 Oktober 2016 
Penilaian
31-2 Oktober-November 2016 
Pengumuman Pemenang 
3 November 2016 
Presentasi Finalis dan Pembagian Hadiah
5 November 2016

Ketentuan Umum   

1.   Pendaftaran lomba esai ini tidak dipungut biaya registrasi, dan khusus untuk mahasiswa UNIDA Putra maupun Putri.

8.      Peserta berasal dari mahasiswa S1 UNIDA.
9.      Peserta mengirimkan maksimal 1 karya. 
10.  Naskah esai merupakan naskah asli, bukan saduran dan merupakan hasil pemikiran penulis sendiri yang belum pernah dipublikasikan. 
11.  Panitia diberi hak dan wewenang untuk mempublikasikan setiap esai dengan tetap mencantumkan nama penulis. 
12.  Naskah esai harus disertai dengan biodata penulis yang minimal memuat nama, asal, alamat tempat tinggal, nomer telepon dan email.
13.  Kirim Esai berbentuk file pdf, termasuk biodata penulis, dengan subject, Nama Lengkap dan Prodi kirim ke filmunida2016@gmail.com.

 B.  Petunjuk penulisan 
1.      Esai yang dilombakan adalah jenis esai ilmiah yang berlandaskan sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. 
2.      Judul esai ilmiah bebas sepanjang mengacu pada tema. 
3.      Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia. 
4.      Panjang naskah minimal 3 halaman, maksimal 8 halaman ( tidak termasuk cover dan Daftra pustaka )
5.      Naskah diketik di kertas A4, Times New Roman, 12, spasi 1,5, margin top, left, 4 cm, buttom, left 3 cm. 
8.      Naskah  esai  berisi  tiga  bagian  yang  tidak  perlu  disebut  secara  eksplisit, yaitu pendahuluan (latar  belakang  dan  identifikasi  pembahasan), isi (pembahasan dan analisis) dan konklusi (kesimpulan/penutup). 
9.      Cover : terdiri dari Judul – Nama Penulis – Logo UNIDA - Tanggal – Alamat lengkap Kampus.

  C.  Penentuan pemenang 
1.      Penilaian  dilakukan  secara  objektif  berdasarkan  petunjuk  penulisan  dan  kriteria penilaian yang telah ditetapkan. 
2.      Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 
3.      Aspek yang dinilai dan bobot penjurian : 
  
No. 
Aspek Penilaian 
Uraian 
Bobot 
1. 
Kesesuaian tema 
Topik ditulis sesuai keterkaitannya dengan tema.
  



 
  
            10% 
 
 
2. 
Gagasan 
-
Keaslian : gagasan relative baru dan unik 
       


-
Kreatif         :         menunjukkan
   




-
pemahaman baru atas persoalan yang dibahas
Aktual  gagasan  sesuai  dengan kondisi kekinian dengan 
menyajikan data dan fakta 

            20% 

3. 
Argumentasi 
-
Gagasan runtut, tertib, dan jelas (mudah dimengerti) 
       


-




-





-
Relevansi data dan informasi yang diacu dengan uraian tulisan. Sumber pustaka dianjurkan dari buku, jurnal, makalah,dan surat  kabar. Sumber pustaka daring (online) bersifat terbatas pada sumber-sumber terpercaya (laman resmi surat kabar, instansi pemerintah/swasta, e-journal, ebook).
Sumber pustaka
  
   
    
    
    
   
  
   
    
   



-


dicantumkan  di  dalam pengutipan dan daftar pustaka.
 
Refleksi     atas     fakta      yang didasarkan  pada  analisis menjadi prioritas penilaian. 
Kemampuan menganalisis & sintesis secara reflektif dan meringkasnya dalam simpulan. 
            30% 
  
   
4. 
Penutup 
-
-
Saran / solusi dari masalah  Kesimpulan 
30% 
5. 
Penulisan 
-
-
Tata tulis : kerapihan ketik, tata letak
Pengungkapan : sistematika tulisan, ketepatan dan kejelasan ungkapan,   bahasa   baku   yang  baik dan benar, komunikatif dan relative mudah dipahami. 
            10% 
 
 
 
  


Poetry Reading

Tujuan Kegiatan
1.      Menumbuhkan kreatifitas mahasiswa dalam aktivitas olah rasa.
2.      Membangun semangat bersaing antara mahasiswa dalam aktifitas positif.
3.      Meningkatkan minat menulis dan membaca mahasiswa khusunya menulis dan membaca puisi.
4.      Meningkatkan ukhwah antar mahasiswa Universitas Darussalam Gontor.
Sasaran Perserta
Seluruh Mahasisawa Kampus Manajemen Mantingan, dengan ketentuan setiap kamar mengirim minimal 1 peserta, dianjurkan lebih.
Tema
Tema lomba poetry reading kali ini bebas.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Dilaksanakna pada 11 Oktober 2016 di Gedung Terpadu Kampus Manajemen Mantingan.
Teknis Acara
Lomba poetry reading dilakukan satu waktu, setiap peserta membacakan puisinya dengan batas waktu maksimal 10 menit.
Kriteria Penilaian
1.      Penilaian  dilakukan  secara  objektif  berdasarkan  petunjuk  penulisan  dan  kriteria penilaian yang telah ditetapkan. 
2.      Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 
3.      Aspek yang dinilai dan bobot penjurian : 

No. 
Aspek Penilaian 
Uraian 
Bobot 
1. 
Isi puisi 
Isi puisi harus sesuai keterkaitannya dengan tema.
  



 
  
            10% 
 

           
2. 
Penghayatan 
-
Pemahaman tentang isi puisi serta kesesuainnya dengan emosi puisi yang disampaikan. 
     




   






            20% 

3. 
Ekspresi
-
Mimik wajah serta kesesuaiannya dengan emosi puisi yang disampaikan.
       




30%




             
  
   
4. 
Penyampaian
-

-                       
Meliputi kostum, properti yang digunakan, pembawaan dan lain sebagainya.
Kreatifitas dan inovasi.
30% 
5. 
Pemilahan kata
-                       
-
-
Penggunaan kata yang tepat mudah dipahami  
Pengguanaan sajak
Gaya bahasa dan kekayaan kosa kata.
            10% 
 
 
 
  




Peraturan Umum Peserta
1.      Setiap peserta lomba telah mendaftarkan nama-nama peserta kepada panitia. Peserta wajib mengikuti lomba secara penuh dari awal sampai akhir.
2.      Peserta diwajibkan hadir 15 menit sebelum lomba dimulai.
3.      Jika ada peserta yang terlambat akan didiskualifikasi.
4.      Keputusan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
5.      Pendaftaran dimulai pada tanggal 5 sampai 8 Oktober 2016.
Moslem Broadcaster
Tujuan Kegiatan
1.      Menumbuhkan kreatifitas dan daya saing mahasiswa dalam aktivitas olah rasa.
2.      Meningkatkan minat menulis dan membaca mahasiswa khususnya membaca berita.
3.      Meningkatkan ukhwah antar mahasiswa Universitas Darussalam Gontor.
Tema
“Tax Amnesty (Pengampunan Pajak)”
Sasaran Perserta
Seluruh Mahasisawa Kampus Manajemen Mantingan, dengan ketentuan setiap kamar mengirim minimal 1 peserta, dianjurkan lebih.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Dilaksanakna pada 18 Oktober 2016 di Gedung Terpadu Kampus Manajemen Mantingan.
Teknis Acara
Lomba Moslem Bradcaster dilakukan satu waktu, setiap peserta membacakan beritanya dengan batas waktu maksimal 10 menit. Peserta diperbolehkan memakai 3 bahasa, Indonesia, Arab, atau Inggris.
Ketentuan Lomba
1.      Penulisan berita harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan dan merupakan karya orisinil mahasiswa.
2.      Penulis dan pembaca berita tidak harus dengan orang yang sama.
Kriteria Penilaian
1.      Penilaian  dilakukan  secara  objektif  berdasarkan  petunjuk  penulisan  dan  kriteria penilaian yang telah ditetapkan. 
2.      Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 
3.      Aspek yang dinilai dan bobot penjurian : 

No. 
Aspek Penilaian 
Uraian 
Bobot 
1. 
Isi berita 
Isi berita harus sesuai keterkaitannya dengan tema.
  



 
  
            30% 
 

           
2. 
Intonasi 
-
Jelas, energik, dan meyakinkan. 
     




   






            30% 

3. 
Penyampaian
-


-                       
Meliputi kostum, properti yang digunakan, pembawaan dan lain sebagainya.
Kreatifitas dan inovasi.
20% 
4. 
Pemilahan kata
-                       
-
-
Penggunaan kata yang tepat mudah dipahami  
Pengguanaan sajak
Gaya bahasa dan kekayaan kosa kata.
            20% 
 
 
 
  

Peraturan Umum Peserta
1.      Setiap peserta lomba telah mendaftarkan nama-nama peserta kepada panitia. Peserta wajib mengikuti lomba secara penuh dari awal sampai akhir.
2.      Peserta diwajibkan hadir 15 menit sebelum lomba dimulai.
3.      Jika ada peserta yang terlambat akan didiskualifikasi.
4.      Keputusan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
5.      Pendaftaran dimulai pada 14 sampai 16 Oktober 2016.

Resensi Buku
Tujuan Kegiatan
1.      Meningkatkan minat menulis dan membaca Mahasiswa.
2.      Membangun semangat serta miliu keilmuan di Kampus.
3.      Mengenalkan buku-buku perpustakaan.
4.      Mempererat ukhwah islamiyah mahasiswa.
Definisi Acara
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia resemsi merupakan pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku.
Menurut Wijdono resensi merupakan sebuah ulasan atau penilaian sebuah hasil karya, buku, film, produk tekhnologi, dan lain-lain. Penilaian ini menyajikan kualitas sebuah karya, baik yang berhubungan dengan kuallitas yang terkait dengan keunggulan ataupun kekurangan-kekurangan.
Tujuan Resensi Buku
Tujuannya, diantaranya sebagai berikut:  
1. Membantu pembaca (publik) yang belum berkesempatan membaca buku yang dimaksud (karena buku yang diresensi biasanya buku baru) atau membantu mereka yang memang tidak punya waktu membaca buku sedikitpun. Dengan adanya resensi, pembaca bisa mengetahui gambaran dan penilaian umum terhadap buku tertentu. Setidaknya, dalam level praktis keseharian, bisa dijadikan bahan obrolan yang bermanfaat dari pada menggosip yang tidak jelas juntrungnya. 
2. Mengetahui kelemahan dan kelebihan buku yang diresensi. Dengan begitu, pembaca bisa belajar bagaimana semestinya membuat buku yang baik itu. Memang, peresensi bisa saja sangat subjektif dalam menilai buku. Tapi, bagaimanapun juga tetap akan punya manfaat (terutama kalau dipublikasikan di media cetak, karena telah melewati seleksi redaktur). Lewat buku yang diresensi itulah peresensi belajar melakukan kritik dan koreksi terhadap sebuah buku. Disisi lain, seorang pembaca juga akan melakukan pembelajaran yang sama. Pembaca bisa tahu dan secara tak sadar akan menggumam pelan “Oooo buku ini begini…. begitu” setelah membaca karya resensi. 
3. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan. Sisi Undercovernya. Kalaupun tidak bisa mendapkan informasi yang demikian, peresensi tetap bisa mengacu pada halaman pengantar atau prolog yang terdapat dalam sebuah buku. Kalau tidak, informasi dari pemberitaan media tak jadi soal. 
4. Mengetahui perbandingan buku yang telah dihasilkan penulis yang sama atau buku-buku karya penulis lain yang sejenis. Peresensi yang punya “jam terbang” tinggi, biasanya tidak melulu mengulas isi buku apa adanya. Biasanya, mereka juga menghadirkan karya-karya sebelumnya yang telah ditulis oleh pengarang buku tersebut atau buku-buku karya penulis lain yang sejenis. Hal ini tentu akan lebih memperkaya wawasan pembaca nantinya. 
5. Bagi penulis buku yang diresensi, informasi atas buku yang diulas bisa sebagai masukan berharga bagi proses kreatif kepenulisan selanjutnya. Karena tak jarang peresensi memberikan kritik yang tajam baik itu dari segi cara dan gaya kepenulisan maupun isi dan substansi bukunya. Sedangkan, bagi penerbit bisa dijadikan wahana koreksi karena biasanya peresensi juga menyoroti soal font (jenis huruf) mutu cetakan dsb.   
Langkah-Langkah menulis Resensi Buku
Untuk bisa meresensi buku, sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan sebagian orang. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan siapa saja yang akan membuat resensi buku asalkan mereka mau. Diantaranya:  
A. Tahap Persiapan  
1. Memilih jenis buku. Tentu setiap orang mempunyai hobi dan minat tertentu pada sebuah buku. Pada proses pemilihan ini akan lebih baik kalau kita fokus untuk meresensi buku-buku tertentu yang menjadi minat atau sesuai dengan latarbelakang pendidikan kita. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa seseorang tidak mungkin menguasai berbagai macam bidang sekaligus. Ini terkait dengan ” otoritas ilmiah”. Tidak berarti membatasi atau melarang-larang orang untuk meresensi buku. Tapi, hanya soal siapa berbicara apa. Seorang guru tentu lebih paham bagaimana cara mengajar siswa dibandingkan seorang tukang sayur.  
2. Usahakan buku baru. Ini jika karya resensi akan dipublikasikan di media cetak. Buku-buku yang sudah lama tentu kecil kemungkinan akan termuat karena dinilai sudah basi dengan asumsi sudah banyak yang membacanya. Sehingga tidak mengundang rasa penasaran. Untuk buku-buku lama (yang diniatkan hanya sekedar untuk berbagi ilmu, bukan untuk mendapatkan honor) tetap bisa diresensi dan dipublikasikan misalnya lewat blog (jurnal personal).  
3. Membuat anatomi buku. Yaitu informasi awal mengenai buku yang akan diresensi. Contoh formatnya sebagai berikut;   Judul Karya Resensi   Judul Buku : Penulis : Penerbit : Tebal : ISBN:   
B. Tahap Pengerjaan  
1. Membaca dengan detail dan mencatat hal-hal penting. Ini yang membedakan antara pembaca biasa dan peresensi buku. Bagi pembaca biasa, membaca bisa sambil lalu dan boleh menghentikan kapan saja. Bagi seorang peresensi, mesti membaca buku sampai tuntas agar bisa mendapatkan informasi buku secara menyeluruh. Begitu juga mencatat kutipan dan pemikiran yang dirasa penting yang terdapat dalam buku tersebut. 
2. Setelah membaca, mulai menuliskan karya resensi buku yang dimaksud. Dalam karya resensi tersebut, setidaknya mengandung beberapa hal; − Informasi(anatomi) awal buku (seperti format diatas). − Tentukan judul yang menarik dan “provokatif”. − Membuat ulasan singkat buku. Ringkasan garis besar isi buku. − Memberikan penilaian buku. (substansi isinya maupun cover dan cetakan fisiknya) atau membandingkan dengan buku lain. Inilah sesungguhnya fungsi utama seorang peresensi yaitu sebagai kritikus sehingga bisa membantu publik menilai sebuah buku. − Menonjolkan sisi yang beda atas buku yang diresensi dengan buku lainnya. − Mengulas manfaat buku tersebut bagi pembaca. − Mengkoreksi karya resensi. Editing kelengkapan karya, EYD dan sistematika jalan pikiran resensi yang telah dihasilkan. Yang terpenting tentu bukan isi buku itu apa, tapi apa sikap dan penilaian peresensi terhadap buku tersebut  
Sasaran Peserta
Peserta adalah seluruh Mahasiswa Kampus Manajemen Mantingan tanpa terkecuali.
Teknis Acara
Acara ini dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan. Mahasiswa diminta membaca kemudian menulis resensi dari buku yang mereka baca (sesuai dengan tema). Dalam penulisannya mahasiswa didampingi oleh asisiten dosen dan dosen pembimbing masing-masing.
            Dianjurkan kepada mahasiswa untuk membaca dan menulis di area  perpustakaan. Kami menyediakan kopi hangat bagi pengunjung perpustakaan selama acara FILM diselenggarakan selama sebulan
Ketentuan Lomba
1.      Penulisan resensi buku merupakan karya orinsinil mahasiswa tanpa unsur  plagiarisme.
2.      Setiap mahasiswa mengumpulkan satu karya resensi buku.
3.      Buku yang diresensi tidak boleh sama dengan mahasiswa lain.
Kriteria Penilaian
1.      Penilaian  dilakukan  secara  objektif  berdasarkan  petunjuk  penulisan  dan  kriteria penilaian yang telah ditetapkan. 
2.      Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 
3.      Aspek yang dinilai dan bobot penjurian : 

No. 
Aspek Penilaian 
Uraian 
Bobot 
1. 
Isi
Isi resensi harus dari buku yang sesuai keterkaitannya dengan tema.

  



 
  
            30% 
 

2. 
Penulisan 
-


-
Tata tulis : kerapihan ketik, tata letak, typografi, jumlah halaman.
Pengungkapan : sistematika tulisan, ketepatan dan kejelasan ungkapan,   bahasa   baku   yang  baik dan benar, komunikatif dan relative mudah dipahami. 
     




   






            30% 

3. 
Orisinalitas



-



 Keaslian dan kreatifitas ide.
20% 
4. 
Relevansi
-                       
-

Kesesuaian isi buku dengan gagasan yang dikemukakan.
Akurasi, integrasi, dan aktualisasi refleksi yang diungkapkan dari buku yang diresensi.
            20% 
 
 
 
  

Bedah Buku Presentation
Tujuan Kegiatan

1.      Menumbuhkan minat membaca, menulis serta keterampilan komunikasi mahasiswa.
2.      Sebagai penerapan kepada mahasiswa tentang bedah buku.
3.      Meningkatkan intelektualitas dan kreatifitas mahasiswa.

Definisi kegiatan:
Lomba ini menampilkan presentasi mengenai bedah buku masing-masing mahasiswa. Lomba ini sekaligus menjadi penerapan kegaitan
bedah buku yang dilaksanakan sebelumnya. Keratifitas dan keterampilan berkomunikasi dipacu di sini.
Tema:
Tema buku yang diulas bebas.
Persyaratan Peserta
4.      Peserta terdiri dari kelompok dengan batas maksimal 3 orang.
5.      Anggota tim diperbolehkan berasal dari semester yang berbeda.
6.      Setiap peserta mempresentasikan 1 karya tulis hasil bedah buku.
Teknis Perlombaan
Peserta hanya membuat slide yang menarik dan mencakup apa yang akan dipresentasikan di depan juri. Setiap peserta diberi batas waktu 10 menit untuk mempresentasikan hasil bedah bukunya, 7 menit untuk sesi tanya jawab antara juri dan presenter.




Share:
"MEMBACA MEMBUKA CAKRAWALA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA"

0 komentar:

Post a Comment

Ads baner

Popular Posts

Powered by Blogger.
["Hidup bukanlah tentang bagaimana menemukan diri kita tetapi bagaimana menciptakan diri kita yang sebenarnya"]["Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan. Biarkan semuanya mengalir secara alami"]["Cobalah untuk belajar sesuatu tantang segala sesuatu dan segala sesuatu tentang sesuatu"]["Hidup adalah Kesusahan yang harus diatasi. Rahasia yang harus digali. Tragedi yang harus dialami. Kegembiraan yang harus dibagikan. Cinta yang harus dinikmati, dan Tugas yang harus dilaksanakan"]