
FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA (FILM)
STAFF
PERPUSTAKAAN DAN LEMBAGA PENJAMIN DAN PENGEMBANGAN MUTU KAMPUS MANAJEMEN
MANTINGAN
“JUKLAK PERLOMBAAN”
UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
PONOROGO
2016
A.
Juklak Perlombaan
Juklak Perlombaan Festival Ilmiah Mahasiswa.
Karya Ilmiah Sederhana
Definisi Kegiatan
Karya ilmiah
adalah tulisan hasil berpikir ilmiah. Proses berpikir ilmiah terdiri atas
identifikasi masalah, pembatasan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis,
dan penarikan simpulan.
Tujuan Kegiatan
1.
Menumbuhkan minat membaca dan menulis mahasiswa.
2.
Memberi pengetahuan kepada mahasiswa tentang penulisan karya
ilmiah.
3.
Meningkatkan intelektualitas dan kreatifitas mahasiswa.
Tema
“Instrumen Potensial Ekonomi Islam, a
Promising Alternative.”
Persyaratan Peserta
1.
Peserta bisa individu atau kelompok dengan batas maksimal 2 orang.
2.
Anggota tim diperbolehkan berasal dari fakultas atau jurusan yang
berbeda.
3.
Setiap peserta mengirim 1 karya.
Sistematika Penulisan
Pada dasarnya karya ilmiah dibagi menjadi dua bagian bagian utama,
bagian tubuh dan bagian pelengkap.
Bagian tubuh terdiri atas tiga bagian sebagai berikut:
1.
Pendahuluan berisi tujuan penulisan, perumusan masalah, dan
pembatasan masalah.
2.
Isi, pada bagian isi dikupas secara rinci dan detail pokok
permasalahan yang telah dirumuskan pada bagian pendahuluan.
3.
Penutup, biasanya berisi kesimpulan dan saran.
Bagian pelengkap terdiri atas:
1.
Halaman judul
2.
Kata pengantar
3.
Daftar isi
4.
Daftar pustaka
Langkah-langkah penulisan
1. Tentukan topik sesuai tema yang sudah
ditentukan diatas.
2. Susunlah kerangka karya tulis.
3. Kembangkan kerangka karya tulis menjadi
paragraph-paragraf yang rinci. Untuk mempermudah
pengembangannya kita dapat mencari informasi dari beberapa buku sumber dan
mencatatnya. Yang dicatat adalah pendapat seseorang, judul buku, penerbit,
tahun terbit, tempat terbit dan penulis.
4.
Bahas kembali karya tulis yang telah disusun dari segi penataan gagasan
dan format penulisan.
5.
Sempurnakan bagian tulisan yang belum sempurna.
6.
Lengkapilah karya tulis dengan halaman judul atau cover, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.
7.
Susunlah karya tulis dengan urutan sebagai berikut:
a.
Halaman
judul atau cover
b.
Daftar isi
disertai halaman
c.
Tubuh karya
tulis, meliputi;
i.
Pendahuluan
ii.
Pembahasan
isi
iii.
Penutup
iv.
Daftar
pustaka
8.
Cara
penulisan daftar pustaka:
a.
Ditulis di
halaman terakhir
b.
Ditulis
secara alfabetis
c.
Tidak
memakai nomor
d.
Urutkan
penulisan daftar pustaka; nama pengarang, tahun terbit, judul buku, tempat terbit,
penerbit.
Ketentuan
Umum
1. Pendaftaran lomba karya
ilmiah sederhana ini tidak dipungut biaya registrasi, dan
khusus untuk mahasiswa UNIDA Putra maupun Putri.
2. Peserta berasal
dari mahasiswa S1 UNIDA.
3. Peserta
mengirimkan maksimal 1 karya.
4. Naskah
merupakan naskah asli, bukan saduran dan merupakan hasil pemikiran penulis
sendiri yang belum pernah dipublikasikan.
5. Panitia diberi
hak dan wewenang untuk mempublikasikan setiap karya dengan tetap mencantumkan
nama penulis.
6. Naskah karya ilmiah harus disertai dengan biodata penulis yang minimal memuat nama,
asal, alamat tempat tinggal, nomer telepon dan email.
7. Kirim karya tulis berbentuk file pdf, termasuk biodata penulis, dengan subject Nama
Lengkap dan Prodi kirim ke filmunida2016@gmail.com
Petunjuk penulisan
1. Karya ilmiah berlandaskan
sumber yang dapat dipertanggung jawabkan.
2. Judul karya
ilmiah bebas sepanjang mengacu pada tema.
3. Bahasa yang
digunakan adalah bahasa Indonesia.
4. Panjang naskah
minimal 3 halaman, maksimal 8 halaman ( tidak termasuk cover dan Daftra pustaka
)
5. Naskah diketik
di kertas A4, Times New Roman, 12, spasi 1,5, margin top, left 4 cm, buttom,
right, 3 cm.
6. Naskah karya tulis berisi tiga bagian yang
tidak perlu disebut
secara eksplisit.
yaitu pendahuluan (latar belakang dan
identifikasi pembahasan), isi
(pembahasan dan analisis) dan konklusi (kesimpulan/penutup).
7. Cover terdiri dari Judul – Nama Penulis –
Logo UNIDA – Alamat Lengkap Kampus.
Mekanisme Perlombaan
Kegiatan
|
Jadwal
|
Pendaftaran
dan Pengumpulan berkas
|
8 Oktober-30 Oktober 2016
|
Penilaian
|
31-2 Oktober-November 2016
|
Pengumuman
Finalis
|
3 November 2016
|
Presentasi
Finalis dan Pembagian Hadiah
|
5 November 2016
|
Kriteria
penilaian
1. Penilaian dilakukan
secara objektif berdasarkan
petunjuk penulisan dan
kriteria penilaian yang telah ditetapkan.
2. Keputusan dewan
juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
3. Aspek yang
dinilai dan bobot penjurian :
No.
|
Aspek Penilaian
|
Uraian
|
Bobot
|
1.
|
Format
Makalah
|
Tata
tulis: ukuran kertas, tipografi, tata letak, kerapian ketik, jumlah halaman.
Penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|
10%
|
2.
|
Kreatifitas
Gagasan
|
-
|
Keaslian :
gagasan relative baru dan unik
|
|
-
|
Kreatif : menunjukkan
|
|||
-
|
pemahaman baru atas persoalan yang dibahas,
bermanfaat bagi masyarakat.
Aktual
gagasan sesuai dengan kondisi kekinian dengan
menyajikan data dan fakta
|
20%
|
||
3.
|
Topik
yang dikemukakan
|
-
-
|
Aktualitas
topik dan focus bahasan yang dipilih.
Kesesuaian
judul dengan tema topik dan isi karya tulis.
|
30%
|
4.
|
Data
dan sumber informasi
|
-
-
|
Relevansi
data dan informasi yang diacu dengan uraian tulisan. Sumber pustaka
dianjurkan dari buku, jurnal, makalah,dan surat kabar. Sumber pustaka daring (online)
bersifat terbatas pada sumber-sumber terpercaya (laman resmi surat kabar,
instansi pemerintah/swasta, e-journal, ebook).
Sumber pustaka dicantumkan di dalam pengutipan dan daftar pustaka.
|
30%
|
5.
|
Analisis,
sintesis, dan simpulan.
|
-
-
-
-
|
Tata tulis : kerapihan ketik, tata letak
Pengungkapan
: sistematika tulisan, ketepatan dan kejelasan ungkapan, bahasa
baku yang baik dan benar, komunikatif dan relative
mudah dipahami.
Refleksi
atas fakta yang didasarkan pada
analisis menjadi prioritas penilaian.
Kemampuan
menganalisis & sintesis secara reflektif dan meringkasnya dalam simpulan.
|
10%
|
Essay Competition
Tujuan Kegiatan
1.
Menumbuhkan minat membaca dan menulis mahasiswa.
2.
Memberi pengetahuan kepada mahasiswa tentang penulisan karya
ilmiah.
3.
Meningkatkan intelektualitas dan kreatifitas mahasiswa.
Definisi kegiatan:
Lomba penulisan esay merupakan salah satu bentuk penulisan karya
ilmiah yang berbentuk gagasan.
Tema:
“Pembaruan Konsep Manajemen an Islamic Perspective ”
Persyaratan Peserta
1.
Peserta bisa individu atau kelompok dengan batas maksimal 2 orang.
2.
Anggota tim diperbolehkan berasal dari fakultas atau jurusan yang
berbeda.
3.
Setiap peserta mengirim 1 karya.
Sistematika Penulisan
Essay, seperti halnya karya tulis
yang lain, memiliki sistematika penulisannya sendiri. Setiap orang yang menulis
essay juga perlu untuk mengetahui dan memahami cara penyusunan penulisan essay.
Penulis essay tidak bisa menulis isi essay seenaknya saja tanpa data dan fakta
yang jelas. Essay memang berisi pendapat dari penulis, akan tetapi data akurat,
fakta, dan informasi yang berhubungan degan topik pembahasan harus tetap ada.
Sistematika penulisan essay di
antaranya adalah pendahuluan, tubuh atau isi dari essay, dan juga kesimpulan
essay. Berikut penjelasan lebih detail panduan
menulis
essay mengenai sistematika penulisan essay:
1. Pendahuluan.
Pendahuluan merupakan bagian awal yang terdapat di dalam esai. Isi dari
pendahuluan di antaranya adalah pemaparan latar belakang dari pemilihan topik
atau tema esai dan permasalah yang akan dibahas di dalam esai. Pendahuluan juga
berisi pendapat dari penulis essay tersebut.
2. Tubuh
Esai. Tubuh essay adalah bagian terpenting dari sebuah essay. Isi dari esai
adalah pemaparan data-data yang berhubungan dengan tema yang dibahas. Adanya
data-data ini sebagai salah satu tanda bahwa apa yang dibahas oleh penulis
merupakan sesuatu yang nyata dan tidak dibuat-buat. Pemaparan data tersebut
juga diiringi oleh pendapat penulis tentunya berhubungan dengan pembahasan.
Selain data-data yang berhubungan dengan tema yang dibahas, bagian isi dari esai
juga berisi informasi yang erat hubungannya dengan tema yang diangkat.
3. Kesimpulan
dari esai. Sebuah tulisan biasanya akan memilik bagian akhir yang bernama
kesimpulan (untuk jenis tulisan nonfiksi). Begitu juga dengan esai yang
memiliki kesimpulan pada bagian akhirnya. Kesimpulan ini berisi ringkasan
keseluruhan isi esai ayng dibutil oleh penulis itu sendiri. Ada juga poin-poin
observasi serta pendapat penulis mengenai pembahasan pada esai.
Penulisan sistematika esai tersebut
sebaiknya dilakukan dengan rapi. Selain itu juga harus tepat sasaran, dalam
arti tidak ada penyimpangan jauh dari pembahasan dalam isi dan juga pendapat
penulis. Pemaparan pendapat pun sebaiknya sesuai dengan data tema yang diambil.
Mekanisme Perlombaan
Kegiatan
|
Jadwal
|
Pendaftaran
dan Pengumpulan berkas
|
8 Oktober-30 Oktober 2016
|
Penilaian
|
31-2 Oktober-November 2016
|
Pengumuman
Pemenang
|
3 November 2016
|
Presentasi
Finalis dan Pembagian Hadiah
|
5 November 2016
|
Ketentuan
Umum
1. Pendaftaran lomba esai ini tidak dipungut biaya registrasi, dan
khusus untuk mahasiswa UNIDA Putra maupun Putri.
8. Peserta berasal
dari mahasiswa S1 UNIDA.
9. Peserta
mengirimkan maksimal 1 karya.
10. Naskah esai
merupakan naskah asli, bukan saduran dan merupakan hasil pemikiran penulis
sendiri yang belum pernah dipublikasikan.
11. Panitia diberi
hak dan wewenang untuk mempublikasikan setiap esai dengan tetap mencantumkan
nama penulis.
12. Naskah esai
harus disertai dengan biodata penulis yang minimal memuat nama, asal, alamat
tempat tinggal, nomer telepon dan email.
13. Kirim Esai
berbentuk file pdf, termasuk biodata penulis, dengan subject, Nama Lengkap dan
Prodi kirim ke filmunida2016@gmail.com.
B. Petunjuk penulisan
1.
Esai yang dilombakan adalah jenis esai ilmiah yang berlandaskan
sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.
2.
Judul esai ilmiah bebas sepanjang mengacu pada tema.
3.
Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.
4.
Panjang naskah minimal 3 halaman, maksimal 8 halaman ( tidak
termasuk cover dan Daftra pustaka )
5.
Naskah diketik di kertas A4, Times New Roman, 12, spasi 1,5, margin
top, left, 4 cm, buttom, left 3 cm.
8. Naskah esai
berisi tiga bagian
yang tidak perlu
disebut secara eksplisit, yaitu pendahuluan (latar belakang
dan identifikasi pembahasan), isi (pembahasan dan analisis) dan
konklusi (kesimpulan/penutup).
9. Cover : terdiri
dari Judul – Nama Penulis – Logo UNIDA - Tanggal – Alamat lengkap Kampus.
C. Penentuan pemenang
1.
Penilaian dilakukan secara
objektif berdasarkan petunjuk
penulisan dan kriteria penilaian yang telah
ditetapkan.
2.
Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu
gugat.
3.
Aspek yang dinilai dan bobot penjurian :
No.
|
Aspek Penilaian
|
Uraian
|
Bobot
|
1.
|
Kesesuaian
tema
|
Topik
ditulis sesuai keterkaitannya dengan tema.
|
|
10%
|
2.
|
Gagasan
|
-
|
Keaslian :
gagasan relative baru dan unik
|
|
-
|
Kreatif : menunjukkan
|
|||
-
|
pemahaman baru atas persoalan yang dibahas
Aktual
gagasan sesuai dengan kondisi kekinian dengan
menyajikan data dan fakta
|
20%
|
||
3.
|
Argumentasi
|
-
|
Gagasan
runtut, tertib, dan jelas (mudah dimengerti)
|
|
-
-
-
|
Relevansi
data dan informasi yang diacu dengan uraian tulisan. Sumber pustaka
dianjurkan dari buku, jurnal, makalah,dan surat kabar. Sumber pustaka daring (online)
bersifat terbatas pada sumber-sumber terpercaya (laman resmi surat kabar,
instansi pemerintah/swasta, e-journal, ebook).
Sumber
pustaka
|
|||
-
|
dicantumkan
di dalam pengutipan dan daftar
pustaka.
Refleksi
atas fakta yang didasarkan pada
analisis menjadi prioritas penilaian.
Kemampuan
menganalisis & sintesis secara reflektif dan meringkasnya dalam simpulan.
|
30%
|
||
4.
|
Penutup
|
-
-
|
Saran /
solusi dari masalah Kesimpulan
|
30%
|
5.
|
Penulisan
|
-
-
|
Tata tulis : kerapihan ketik, tata letak
Pengungkapan
: sistematika tulisan, ketepatan dan kejelasan ungkapan, bahasa
baku yang baik dan benar, komunikatif dan relative
mudah dipahami.
|
10%
|
Poetry Reading
Tujuan Kegiatan
1.
Menumbuhkan kreatifitas mahasiswa dalam aktivitas olah rasa.
2.
Membangun semangat bersaing antara mahasiswa dalam aktifitas
positif.
3.
Meningkatkan minat menulis dan membaca mahasiswa khusunya menulis
dan membaca puisi.
4.
Meningkatkan ukhwah antar mahasiswa Universitas Darussalam Gontor.
Sasaran Perserta
Seluruh Mahasisawa Kampus Manajemen Mantingan, dengan ketentuan
setiap kamar mengirim minimal 1 peserta, dianjurkan lebih.
Tema
Tema lomba poetry reading kali ini bebas.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Dilaksanakna pada 11 Oktober 2016 di Gedung Terpadu Kampus
Manajemen Mantingan.
Teknis Acara
Lomba poetry reading dilakukan satu waktu, setiap peserta
membacakan puisinya dengan batas waktu maksimal 10 menit.
Kriteria Penilaian
1. Penilaian dilakukan
secara objektif berdasarkan
petunjuk penulisan dan
kriteria penilaian yang telah ditetapkan.
2. Keputusan dewan
juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
3. Aspek yang
dinilai dan bobot penjurian :
No.
|
Aspek Penilaian
|
Uraian
|
Bobot
|
1.
|
Isi
puisi
|
Isi
puisi harus sesuai keterkaitannya dengan tema.
|
|
10%
|
2.
|
Penghayatan
|
-
|
Pemahaman
tentang isi puisi serta kesesuainnya dengan emosi puisi yang disampaikan.
|
|
20%
|
||||
3.
|
Ekspresi
|
-
|
Mimik wajah
serta kesesuaiannya dengan emosi puisi yang disampaikan.
|
|
30%
|
||||
4.
|
Penyampaian
|
-
-
|
Meliputi
kostum, properti yang digunakan, pembawaan dan lain sebagainya.
Kreatifitas
dan inovasi.
|
30%
|
5.
|
Pemilahan
kata
|
-
-
-
|
Penggunaan kata yang tepat mudah dipahami
Pengguanaan
sajak
Gaya bahasa
dan kekayaan kosa kata.
|
10%
|
Peraturan Umum Peserta
1.
Setiap peserta lomba telah mendaftarkan nama-nama peserta kepada
panitia. Peserta wajib mengikuti lomba secara penuh dari awal sampai akhir.
2.
Peserta diwajibkan hadir 15 menit sebelum lomba dimulai.
3.
Jika ada peserta yang terlambat akan didiskualifikasi.
4.
Keputusan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
5.
Pendaftaran dimulai pada tanggal 5 sampai 8 Oktober 2016.
Moslem Broadcaster
Tujuan Kegiatan
1.
Menumbuhkan kreatifitas dan daya saing mahasiswa dalam aktivitas
olah rasa.
2.
Meningkatkan minat menulis dan membaca mahasiswa khususnya membaca
berita.
3.
Meningkatkan ukhwah antar mahasiswa Universitas Darussalam Gontor.
Tema
“Tax Amnesty (Pengampunan Pajak)”
Sasaran Perserta
Seluruh Mahasisawa Kampus Manajemen Mantingan, dengan ketentuan
setiap kamar mengirim minimal 1 peserta, dianjurkan lebih.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Dilaksanakna pada 18 Oktober 2016 di Gedung Terpadu Kampus
Manajemen Mantingan.
Teknis Acara
Lomba Moslem Bradcaster dilakukan satu waktu, setiap peserta
membacakan beritanya dengan batas waktu maksimal 10 menit. Peserta
diperbolehkan memakai 3 bahasa, Indonesia, Arab, atau Inggris.
Ketentuan Lomba
1.
Penulisan berita harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan dan
merupakan karya orisinil mahasiswa.
2.
Penulis dan pembaca berita tidak harus dengan orang yang sama.
Kriteria Penilaian
1. Penilaian dilakukan
secara objektif berdasarkan
petunjuk penulisan dan
kriteria penilaian yang telah ditetapkan.
2. Keputusan dewan
juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
3. Aspek yang
dinilai dan bobot penjurian :
No.
|
Aspek Penilaian
|
Uraian
|
Bobot
|
1.
|
Isi
berita
|
Isi
berita harus sesuai keterkaitannya dengan tema.
|
|
30%
|
2.
|
Intonasi
|
-
|
Jelas,
energik, dan meyakinkan.
|
|
30%
|
||||
3.
|
Penyampaian
|
-
-
|
Meliputi
kostum, properti yang digunakan, pembawaan dan lain sebagainya.
Kreatifitas
dan inovasi.
|
20%
|
4.
|
Pemilahan
kata
|
-
-
-
|
Penggunaan kata yang tepat mudah dipahami
Pengguanaan
sajak
Gaya bahasa
dan kekayaan kosa kata.
|
20%
|
Peraturan Umum Peserta
1.
Setiap peserta lomba telah mendaftarkan nama-nama peserta kepada
panitia. Peserta wajib mengikuti lomba secara penuh dari awal sampai akhir.
2.
Peserta diwajibkan hadir 15 menit sebelum lomba dimulai.
3.
Jika ada peserta yang terlambat akan didiskualifikasi.
4.
Keputusan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
5.
Pendaftaran dimulai pada 14 sampai 16
Oktober 2016.
Resensi Buku
Tujuan Kegiatan
1.
Meningkatkan minat menulis dan membaca Mahasiswa.
2.
Membangun semangat serta miliu keilmuan di Kampus.
3.
Mengenalkan buku-buku perpustakaan.
4.
Mempererat ukhwah islamiyah mahasiswa.
Definisi Acara
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia resemsi merupakan pertimbangan
atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku.
Menurut Wijdono resensi merupakan sebuah ulasan atau penilaian
sebuah hasil karya, buku, film, produk tekhnologi, dan lain-lain. Penilaian ini
menyajikan kualitas sebuah karya, baik yang berhubungan dengan kuallitas yang
terkait dengan keunggulan ataupun kekurangan-kekurangan.
Tujuan Resensi Buku
Tujuannya, diantaranya sebagai berikut:
1. Membantu pembaca (publik) yang belum berkesempatan membaca buku
yang dimaksud (karena buku yang diresensi biasanya buku baru) atau membantu
mereka yang memang tidak punya waktu membaca buku sedikitpun. Dengan adanya
resensi, pembaca bisa mengetahui gambaran dan penilaian umum terhadap buku
tertentu. Setidaknya, dalam level praktis keseharian, bisa dijadikan bahan
obrolan yang bermanfaat dari pada menggosip yang tidak jelas juntrungnya.
2. Mengetahui kelemahan dan kelebihan buku yang diresensi. Dengan begitu,
pembaca bisa belajar bagaimana semestinya membuat buku yang baik itu. Memang,
peresensi bisa saja sangat subjektif dalam menilai buku. Tapi, bagaimanapun
juga tetap akan punya manfaat (terutama kalau dipublikasikan di media cetak,
karena telah melewati seleksi redaktur). Lewat buku yang diresensi itulah
peresensi belajar melakukan kritik dan koreksi terhadap sebuah buku. Disisi
lain, seorang pembaca juga akan melakukan pembelajaran yang sama. Pembaca bisa
tahu dan secara tak sadar akan menggumam pelan “Oooo buku ini begini…. begitu”
setelah membaca karya resensi.
3. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
Sisi Undercovernya. Kalaupun tidak bisa mendapkan informasi yang demikian,
peresensi tetap bisa mengacu pada halaman pengantar atau prolog yang terdapat
dalam sebuah buku. Kalau tidak, informasi dari pemberitaan media tak jadi
soal.
4. Mengetahui perbandingan buku yang telah dihasilkan penulis yang
sama atau buku-buku karya penulis lain yang sejenis. Peresensi yang punya “jam
terbang” tinggi, biasanya tidak melulu mengulas isi buku apa adanya. Biasanya,
mereka juga menghadirkan karya-karya sebelumnya yang telah ditulis oleh
pengarang buku tersebut atau buku-buku karya penulis lain yang sejenis. Hal ini
tentu akan lebih memperkaya wawasan pembaca nantinya.
5. Bagi penulis buku yang diresensi, informasi atas buku yang
diulas bisa sebagai masukan berharga bagi proses kreatif kepenulisan
selanjutnya. Karena tak jarang peresensi memberikan kritik yang tajam baik itu
dari segi cara dan gaya kepenulisan maupun isi dan substansi bukunya.
Sedangkan, bagi penerbit bisa dijadikan wahana koreksi karena biasanya
peresensi juga menyoroti soal font (jenis huruf) mutu cetakan dsb.
Langkah-Langkah menulis Resensi Buku
Untuk bisa
meresensi buku, sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan sebagian orang. Ada
beberapa langkah yang bisa dilakukan siapa saja yang akan membuat resensi buku asalkan
mereka mau. Diantaranya:
A. Tahap
Persiapan
1. Memilih jenis buku. Tentu setiap orang mempunyai hobi dan minat
tertentu pada sebuah buku. Pada proses pemilihan ini akan lebih baik kalau kita
fokus untuk meresensi buku-buku tertentu yang menjadi minat atau sesuai dengan
latarbelakang pendidikan kita. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa
seseorang tidak mungkin menguasai berbagai macam bidang sekaligus. Ini terkait
dengan ” otoritas ilmiah”. Tidak berarti membatasi atau melarang-larang orang
untuk meresensi buku. Tapi, hanya soal siapa berbicara apa. Seorang guru tentu
lebih paham bagaimana cara mengajar siswa dibandingkan seorang tukang
sayur.
2. Usahakan buku baru. Ini jika karya resensi akan dipublikasikan
di media cetak. Buku-buku yang sudah lama tentu kecil kemungkinan akan termuat
karena dinilai sudah basi dengan asumsi sudah banyak yang membacanya. Sehingga
tidak mengundang rasa penasaran. Untuk buku-buku lama (yang diniatkan hanya
sekedar untuk berbagi ilmu, bukan untuk mendapatkan honor) tetap bisa diresensi
dan dipublikasikan misalnya lewat blog (jurnal personal).
3. Membuat anatomi buku. Yaitu informasi awal mengenai buku yang
akan diresensi. Contoh formatnya sebagai berikut; Judul Karya Resensi Judul Buku : Penulis : Penerbit : Tebal :
ISBN:
B. Tahap
Pengerjaan
1. Membaca dengan detail dan mencatat hal-hal penting. Ini yang
membedakan antara pembaca biasa dan peresensi buku. Bagi pembaca biasa, membaca
bisa sambil lalu dan boleh menghentikan kapan saja. Bagi seorang peresensi,
mesti membaca buku sampai tuntas agar bisa mendapatkan informasi buku secara
menyeluruh. Begitu juga mencatat kutipan dan pemikiran yang dirasa penting yang
terdapat dalam buku tersebut.
2. Setelah membaca, mulai menuliskan karya resensi buku yang
dimaksud. Dalam karya resensi tersebut, setidaknya mengandung beberapa hal; −
Informasi(anatomi) awal buku (seperti format diatas). − Tentukan judul yang
menarik dan “provokatif”. − Membuat ulasan singkat buku. Ringkasan garis besar
isi buku. − Memberikan penilaian buku. (substansi isinya maupun cover dan cetakan
fisiknya) atau membandingkan dengan buku lain. Inilah sesungguhnya fungsi utama
seorang peresensi yaitu sebagai kritikus sehingga bisa membantu publik menilai
sebuah buku. − Menonjolkan sisi yang beda atas buku yang diresensi dengan buku
lainnya. − Mengulas manfaat buku tersebut bagi pembaca. − Mengkoreksi karya
resensi. Editing kelengkapan karya, EYD dan sistematika jalan pikiran resensi
yang telah dihasilkan. Yang terpenting tentu bukan isi buku itu apa, tapi apa
sikap dan penilaian peresensi terhadap buku tersebut
Sasaran Peserta
Peserta adalah seluruh Mahasiswa Kampus Manajemen Mantingan tanpa
terkecuali.
Teknis Acara
Acara ini dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan.
Mahasiswa diminta membaca kemudian menulis resensi dari buku yang mereka baca (sesuai
dengan tema). Dalam penulisannya mahasiswa didampingi oleh asisiten dosen dan
dosen pembimbing masing-masing.
Dianjurkan kepada
mahasiswa untuk membaca dan menulis di area
perpustakaan. Kami menyediakan kopi hangat bagi pengunjung perpustakaan
selama acara FILM diselenggarakan selama sebulan.
Ketentuan Lomba
1.
Penulisan resensi buku merupakan karya orinsinil mahasiswa tanpa
unsur plagiarisme.
2.
Setiap mahasiswa mengumpulkan satu karya resensi buku.
3.
Buku yang diresensi tidak boleh sama dengan mahasiswa lain.
Kriteria Penilaian
1. Penilaian dilakukan
secara objektif berdasarkan
petunjuk penulisan dan
kriteria penilaian yang telah ditetapkan.
2. Keputusan dewan
juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
3. Aspek yang
dinilai dan bobot penjurian :
No.
|
Aspek Penilaian
|
Uraian
|
Bobot
|
1.
|
Isi
|
Isi
resensi harus dari buku yang sesuai keterkaitannya dengan tema.
|
|
30%
|
2.
|
Penulisan
|
-
-
|
Tata tulis : kerapihan ketik, tata letak, typografi,
jumlah halaman.
Pengungkapan
: sistematika tulisan, ketepatan dan kejelasan ungkapan, bahasa
baku yang baik dan benar, komunikatif dan relative
mudah dipahami.
|
|
30%
|
||||
3.
|
Orisinalitas
|
-
|
Keaslian dan kreatifitas ide.
|
20%
|
4.
|
Relevansi
|
-
-
|
Kesesuaian
isi buku dengan gagasan yang dikemukakan.
Akurasi,
integrasi, dan aktualisasi refleksi yang diungkapkan dari buku yang
diresensi.
|
20%
|
Bedah Buku Presentation
Tujuan Kegiatan
1.
Menumbuhkan minat membaca, menulis serta keterampilan komunikasi mahasiswa.
2.
Sebagai penerapan kepada mahasiswa tentang bedah buku.
3.
Meningkatkan intelektualitas dan kreatifitas mahasiswa.
Definisi kegiatan:
Lomba ini menampilkan presentasi mengenai bedah buku masing-masing
mahasiswa. Lomba ini sekaligus menjadi penerapan kegaitan
bedah buku yang dilaksanakan sebelumnya. Keratifitas dan keterampilan
berkomunikasi dipacu di sini.
Tema:
Tema buku yang diulas bebas.
Persyaratan Peserta
4.
Peserta terdiri dari kelompok dengan batas maksimal 3 orang.
5.
Anggota tim diperbolehkan berasal dari semester yang berbeda.
6.
Setiap peserta mempresentasikan 1 karya tulis hasil bedah buku.
Teknis Perlombaan
Peserta hanya membuat slide yang menarik dan mencakup apa yang akan
dipresentasikan di depan juri. Setiap peserta diberi batas waktu 10 menit untuk
mempresentasikan hasil bedah bukunya, 7 menit untuk sesi tanya jawab antara
juri dan presenter.
0 komentar:
Post a Comment